7 Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot di Masa Depan

Kamis, 08 Februari 2024 - 12:01 WIB
loading...
7 Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot di Masa Depan
Mengetahui pekerjaan yang bisa dilakukan oleh robot bisa membantu Anda menentukan jalur karier mana yang tepat. Foto/Straith News.
A A A
JAKARTA - Berikut 7 pekerjaan yang bisa digantikan oleh robot di masa depan. Mengetahui beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh robot bisa membantu Anda menentukan jalur karier mana yang tepat untuk Anda berdasarkan keterampilan, minat, dan jenis pekerjaan yang disukai.

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan mulai beralih ke otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi. Pekerjaan yang dulunya membutuhkan kehadiran manusia secara langsung sekarang dapat diotomatisasi melalui penggunaan robot dan kecerdasan buatan.

Industri manufaktur menjadi salah satu sektor yang paling terpengaruh oleh perubahan ini. Dalam lini perakitan, robot dapat mengambil alih tugas-tugas seperti penyambungan, pengelasan, dan pengangkutan barang. Hal ini mengarah pada pengurangan jumlah pekerja manusia dalam lini produksi.

Baca juga: 20 Pekerjaan Masa Depan Tidak Musnah oleh Robot AI, Ini Daftarnya

Tidak hanya di industri manufaktur, sektor jasa juga mengalami transformasi serupa. Pekerjaan pelayanan pelanggan, misalnya, dapat digantikan oleh chatbot atau asisten virtual yang mampu merespons pertanyaan dan masalah pelanggan secara otomatis. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manusia dalam hal tersebut. Dikutip dari Wired.com, ini 7 pekerjaan yang bisa digantikan oleh robot di masa depan.

7 Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot di Masa Depan

1. Pemasaran jarak jauh


Telemarketing merupakan salah satu pekerjaan yang kemungkinan besar akan tersusul terlebih dahulu dengan penggunaan robot, terlepas dari di mana pun perusahaan yang menggunakan layanan telemarketing berada.
Telemarketer tidak lagi diperlukan karena komputer akan diprogram untuk melakukan panggilan telepon, menagih hutang, dan menanyakan pendapat tentang berbagai survei dan kuesioner lainnya.

2. Penyusun Pajak


Para pembuat pajak mungkin tidak lagi menghadapi klien yang mendekati musim pajak setiap tahunnya. Sebaliknya, persiapan pajak kini menjadi lebih mudah dengan penggunaan program perangkat lunak online dan offline.

Menggunakan perangkat lunak persiapan pajak dan layanan online bukan hanya cara untuk menghemat waktu, namun seringkali jauh lebih terjangkau dibandingkan mengunjungi spesialis atau profesional persiapan pajak setempat.

3. Pekerjaan Entri Data


Pekerjaan entri data yang dilakukan oleh individu di tempat kerja dan bahkan dari rumah kemungkinan besar akan menjadi usang dalam waktu dekat.

Robot kemungkinan besar diprogram untuk mengambil alih pekerjaan dan tugas entri data tradisional, sehingga lebih menantang bagi individu yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di lapangan untuk menemukan posisi dengan gaji yang sesuai.

Karena program perangkat lunak, peralatan, dan akhirnya robot mungkin tersedia untuk menyelesaikan pekerjaan entri data apa pun yang tersedia, permintaan pekerjaan dari individu sebenarnya akan berkurang, sehingga nilai pekerjaan tersebut menjadi berkurang sama sekali.

4. Pustakawan dan Teknisi Perpustakaan


Siapa pun yang saat ini bekerja di perpustakaan umum atau kota mungkin akan kehilangan pekerjaan dalam beberapa dekade mendatang.

Baca juga: 15 Tahun ke Depan, 38% Pekerjaan Manusia Diambil Alih Robot

Teknisi perpustakaan mungkin tidak lagi diperlukan dengan penerapan sistem otomatis untuk melacak buku dan individu yang menggunakan kartu perpustakaan mereka setiap saat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3228 seconds (0.1#10.140)