4 Keuntungan Daftar CPNS Jalur Cumlaude DIbanding Jalur Umum, Kans Lolos Besar

Sabtu, 10 Februari 2024 - 07:30 WIB
loading...
4 Keuntungan Daftar CPNS Jalur Cumlaude DIbanding Jalur Umum, Kans Lolos Besar
Salah satu keuntungan utama dari jalur Cumlaude saat mengikuti seleksi CPNS adalah persaingannya tak sebanyak dan seketat jalur umum. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini keuntungan mendaftar CPNS 2024 dengan predikat lulusan cumlaude. Pendaftaran CPNS 2024 diperkirakan akan dibuka bulan Maret hingga April.

Selain mengikuti ujian seleksi, banyak faktor yang dinilai untuk bisa lolos CPNS, salah satunya status lulusan pendaftar yang masuk penilaian. Mendaftar CPNS melalui jalur Cumlaude merupakan pilihan yang menarik bagi lulusan terbaik universitas.

Jalur Cumlaude memberikan sejumlah keuntungan yang tak tersedia dalam jalur umum, tentunya dengan persaingan yang lebih terukur dan proses seleksi lebih cermat. Mengutio akun Instagram @siapjadiasn, artikel kali ini akan membahas sederet keuntungan mendaftar CPNS dengan status lulusan cumlaude, simak ya!

4 Keuntungan Mendaftar CPNS Lewat Jalur Cumlaude


1. Persaingan Lebih Rendah


Salah satu keuntungan utama dari jalur Cumlaude adalah persaingan yang tak sebanyak dan seketat jalur umum. Sebagai lulusan terbaik, pesaingmu tak sebanyak pada jalur umum sehingga memberikan peluang lebih besar untuk lolos.

2. Tanpa Batasan Nilai Ambang


Salah satu hal yang membedakan jalur Cumlaude adalah tidak adanya nilai ambang batas pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Dalam jalur ini, tak ada nilai ambang batas yang dipersyaratkan. Jadi, berapapun hasil yang diperoleh dalam ujian akan diakumulasikan.


3. Nilai Ambang Batas Kumulatif

Jalur ini mengharuskan peserta untuk memenuhi nilai ambang batas dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari nilai akumulatif sebesar 289 dan ITU (Integritas, Toleransi, dan Uraian) sebesar 85.

Meski ada nilai ambang batas, tetapi nilai tersebut dihitung secara kumulatif, memberikan kesempatan bagi peserta untuk memperbaiki hasil di satu tes dengan hasil yang lebih baik di tes lainnya.

4. Peluang Lolos Lebih Besar


Dengan persaingan yang lebih rendah dan tanpa adanya batasan nilai ambang batas yang ketat, jalur Cumlaude menawarkan peluang lebih besar bagi peserta untuk lolos seleksi CPNS. Dengan persiapan yang matang dan hasil akademik yang baik, peluang untuk lolos seleksi CPNS melalui jalur Cumlaude menjadi lebih terbuka.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)