7 Jurusan Langka di PTN dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Pilih di SNPMB 2024

Minggu, 11 Februari 2024 - 08:56 WIB
loading...
A A A
Tersedia di mana?

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang punya jurusan ini, yang masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). ITB membuka jurusan ini dalam program jenjang S1 dan studi Master.

4. Kriminologi


Jurusan Kriminologi adalah jurusan yang belajar menganalisis fenomena kejahatan, mulai dari penyebab, dampak, dan penanggulangannya. Jurusan ini memiliki 4 fokus bahasan, yaitu pelaku, korban, tindak kejahatan, dan respons masyarakat terhadap kejahatan yang terjadi.

Prospek Kerja

Prospek kerja Jurusan Kriminologi cukup banyak. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan kamu bisa bekerja di Kepolisian, Kejaksaan, BIN, BNN, dan BNPT. Kamu juga bisa bekerja di bidang lain, seperti media.

Tersedia di mana?

Sampai tahun 2021, hanya ada 3 kampus yang memiliki Jurusan Kriminologi di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Riau (UIR) dan Universitas Budi Luhur.

5. Teknik Pengairan


Teknik pengairan juga termasuk jurusan sangat langka di Indonesia karena hanya ada 2 universitas yang menyediakan jurusan ini.

Jurusan teknik pengairan mempelajari ilmu-ilmu dari teknik sipil mengenai perencanaan desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumberdaya air.

Prospek Kerja Lulusan

Lulusan teknik pengairan dapat bekerja di instansi pemerintahan seperti kementerian Pekerjaan Umum, Dinas Pengairan Daerah, Dinas Pertanian, PDAM. Atau bisa menjadi ahli hidrologi, ahli konservasi tanah dan air, pengawas konstruksi dan bangunan.

Tersedia di?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3053 seconds (0.1#10.140)