7 Jurusan Langka di PTN dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Pilih di SNPMB 2024

Minggu, 11 Februari 2024 - 08:56 WIB
loading...
A A A
Jurusan Teknobiomedik tersedia di Universitas Indonesia, Universitas Sepuluh November, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada.

2. Teknik Nuklir


Teknik nuklir juga termasuk jurusan yang langka di Indonesia karena hanya tersedia di dua perguruan tinggi dan satu sekolah tinggi di Indonesia.

Jurusan teknik Nuklir adalah jurusan yang mempelajari penerapan praktis ilmu inti atom yang diambil dari prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksinya dengan radiasi dan material.

Secara garis besar, teknik nuklir mempelajari tentang ilmu-ilmu rekayasa yang memanfaatkan energi nuklir serta turunannya.

Prospek Kerja Lulusan

Lulusan teknik nuklir dapat bekerja di perusahaan bidang pertambangan, perusahaan bidang energi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot di Masa Depan

Tersedia di mana?

Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Nuklir adalah Universitas Gadjah Mada, lalu Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (BATAN), dan Institut Teknologi Bandung (khusus program pasca-sarjana).

3. Astronomi


Saat kamu masuk ke jurusan Astronomi, ilmu yang dipelajari menggunakan ilmu dasar fisika. Jurusan Astronomi sendiri dibagi menjadi tiga keahlian. Pertama adalah tata surya yang fokus mempelajari tata surya seperti planet, bintang, dan sebagainya. Kedua, fisika bintang dan terakhir adalah kosmologi.

Prospek Kerja

Kamu bisa bekerja sebagai astronom, pegawai pemerintahan, penulis, pengembang perangkat lunak, atau pendidik. Kamu juga bisa jadi tenaga ahli di berbagai institusi yang membutuhkan kemampuan kamu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)