Beasiswa Kominfo S2 Luar Negeri 2024 Resmi Dibuka, Link, Syarat, dan Cara Daftarnya

Minggu, 25 Februari 2024 - 08:05 WIB
loading...
Beasiswa Kominfo S2 Luar Negeri 2024 Resmi Dibuka, Link, Syarat, dan Cara Daftarnya
Beasiswa Kominfo S2 Luar Negeri 2024 sudah membuka pendaftaran. Foto/Instagram Beasiswa Kominfo.
A A A
JAKARTA - Beasiswa KominfoS2 Luar Negeri 2024 sudah membuka pendaftaran. Ada delapan universitas luar negeri untuk jurusan TIK yang bisa menjadi tujuan kuliah gratis program master.

Beasiswa Kemitraan S2 Luar Negeri Kementerian Komunikasi dan Informatika 2024 telah resmi dibuka. Pendaftaran dibuka dari 23 Februari 2024. Penutupan pendaftaran sesuai kampus tujuan ada yang 30 April 2024 dan ada yang 31 Mei 2024. Pendaftaran dilakukan secara online di situs Beasiswa Kominfo.

Baca juga: 3 Beasiswa Luar Negeri Jenjang S2 dan S3 Tanpa Batas Usia Khusus Perempuan

Dikutip dari laman resminya, beasiswa ini tak hanya ditujukan bagi anggota PNS/TNI/POLRI. Namun juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melanjutkan studi magister untuk jurusan yang terkait teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

1. Persyaratan Umum Beasiswa Kominfo S2 Luar Negeri 2024


1. Pelamar beasiswa Kominfo S2 adalah WNI
2. Pegawai aktif dan memiliki masa kerja minimum 2 tahun pada saat melamar beasiswa (Dibuktikan dengan SK CPNS/PNS/dokumen serupa lainnya bagi PNS/TNI/POLRI dan Surat Keterangan Kerja bagi pelamar umum)
3. Tidak ditujukan bagi pelamar yang berprofesi sebagai dosen
4. Usia maksimak 37 tahun bagi PNS/TNI/POLRI dan maksimal 35 tahun untuk masyarakat umum
5. Belum memiliki dan tidak sedang mengikuti program Magister/S2 di mana pun
6. Lulusan S1/DIV dengan IPK Minimal 3.00 dari skala 4.00
7. Memiliki sertifikat IELTS 6,5 / TOEFL iBT 80 / TOEFL ITP minimal 550/ Duolingo English Test (DET) minimal 105. Untuk mendaftar beasiswa Kominfo S2 minimal melampirkan TOEFL ITP / Duolingo English Test. (Pelamar tetap harus memenuhi persyaratan Bahasa Inggris yang ditetapkan Mitra Perguruan Tinggi)
8. Pelamar beasiswa Kominfo S2 wajib menyusun Rencana Tugas Akhir sesuai dengan temapengembangan tranformasi digital nasional (500-1000 kata)
9. Menyusun Essay berisi Personal statement dan Rencana kontribusi pasca studi, khususnya kontribusi bagi pengembangan transformasi digital nasional (500 - 1000 kata)
10. Lampirkan surat rekomendasi dari pimpinan/dosen pembimbing/atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas dan diterbitkan paling lama 1 tahun pada bulan yang sama dengan pendaftaran (template surat rekomendasi bisa diunduh pada tautan berikut https://komin.fo/template_bk2024)
11. Mendapatkan surat izin pimpinan yang berwenang dari tempat bekerja untuk menjalani pendidikan (template surat izin bisa diunduh pada tautan berikut https://komin.fo/template_bk2024);
12. Pendaftar beasiswa Kominfo S2 hanya diperkenankan untuk mendaftar pada kelas Reguler atau kelas yang ditetapkan oleh Kementerian Kominfo;
13. Berkomitmen kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan;
14. Diutamakan bagi yang sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) dari Perguruan Tinggi mitra Kominfo
15. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, melampirkan:
- Hasil penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/
- Hasil konversi IPK dari Kemendikbudristek melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kemenag melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/
- Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK pada laman Kemendikbudristek atau Kemenag mengenai penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK-nya belum terbit.

2. Persyaratan Tambahan untuk PNS/TNI/POLRI


1. Tugas dan fungsinya dalam pekerjaan berkaitan dengan salah satu program studi yang akan ditempuh yakni pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah, tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/Keamanan Informasi, penyusunan strategi dan kebijakan bidang digital serta peningkatan daya saing nasional dalam sektor ekonomi digital.

Baca juga: Beasiswa Pemerintah China untuk Kuliah Gratis S1, S2 ,S3 Dibuka, Ada Uang Saku Bulanan

2. Pelamar beasiswa Kominfo S2 tidak sedang menjalani hukuman disiplin sedang atau berat dan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin paling kurang tingkat sedang dalam 2 tahun terakhir

3. Memenuhi persyaratan penetapan tugas belajar yang diatur SE MENPAN RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil Melalui Jalur Pendidikan

3. Tahapan Pendaftaran Beasiswa Kominfo S2 Luar Negeri 2024


1. Pilih menu Beasiswa Dalam Negeri atau Beasiswa Luar Negeri yang saat ini dibuka. Kemudian klik tombol Daftar Beasiswa.

2. Pilih dan isi pendidikan terakhir, program beasiswa, kategori beasiswa, perguruan tinggi dan jurusan kuliah yang diinginkan.

3. Isi data diri dan pekerjaan, pendidikan terakhir, alamat, sosial media pribadi, dan berkas dokumen yang diperlukan

4. Jika lolos seleksi beasiswa Kominfo S2 silakan melengkapi data sesuai dengan beasiswa yang berhasil Anda dapatkan

4. 8 Mitra Universitas Beasiswa Kominfo S2 Luar Negeri


1. University of Twente
2. International Institute of Information Technology Bangalore (IIIT-B)
3. Tsing Hua University
4. The University of Electro-Communications (UEC)
5. Conservatoire National des Arts et Metiers (CNAM)
6. The University of Strathclyde
7. Eurecom
8. IMT Atlantique.

Demikian persyaratan, cara pendaftaran, dan delapan kampus tujuan Beasiswa Kominfo S2 Luar Negeri 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang ingin kuliah di luar negeri bidang TIK.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0862 seconds (0.1#10.140)