Ada Jalur Nilai Rapor, Pendaftaran Kelas Internasional IPB 2024 Dibuka

Minggu, 25 Februari 2024 - 10:50 WIB
loading...
Ada Jalur Nilai Rapor, Pendaftaran Kelas Internasional IPB 2024 Dibuka
IPB University membuka pendaftaran kelas internasional 2024 untuk 12 program studi. Foto/IPB University.
A A A
JAKARTA - IPB University membuka pendaftaran kelas internasional untuk 12 program studi. Penerimaan dibuka dua jalur yaitu seleksi nilai rapor dan jalur mandiri.

Pendaftaran kelas internasional IPB University terbuka untuk mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia atau WNI dan juga mahasiswa luar negeri.

12 Jurusan Kuliah Kelas Internasional IPB University


12 jurusan kuliah yang tersedia di kelas internasional IPB University adalah Ilmu dan Teknologi Kelautan, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Ekonomi Syariah, Smart Agriculture, Teknologi Pangan, Teknik Industri Pertanian, Kedokteran Hewan, Bisnis, Biologi dan Kimia.

Baca juga: Pendaftaran Kelas Internasional UGM 2024 Dibuka, Cek Kuota dan Persyaratannya

Kriteria calon mahasiswa kelas internasional ini salah satunya menguasai bahasa Inggris karena seluruh pengajaran akan disampaikan dengan bahasa internasional tersebut.

Pendaftaran pada kedua jalur tersebut dapat dilakukan dengan mengakses laman resmi IPB University, yakni https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id. Setelah diterima, calon mahasiswa harus melakukan registrasi online dengan jadwal yang telah ditentukan.

Peserta WNI

Untuk peserta seleksi WNI, ada 2 jalur yang bisa diikuti, yaitu:

Jalur Seleksi Nilai Rapor


Peserta seleksi merupakan lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2024 baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bagi WNI lulusan luar negeri harus mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan nilai rapor yang sudah disetarakan.

Baca juga: Unpad Buka Program S1 Kelas Internasional, Bisa Kuliah Double Degree

Peserta seleksi juga diwajibkan memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dari lembaga resmi Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dengan skor Internet Based Test (iBT) yakni 72-86, skor TOEFL Institutional Testing Program (ITP) yakni 477-510, atau International English Language Testing System (IELTS) yakni 4.0-5.0.

Selain itu, kesehatan jasmani dan rohani juga menjadi syarat mutlak untuk peserta seleksi yang tertarik mengikuti jalur ini.

Pendaftaran jalur ini berlangsung pada 22 Februari hingga 6 Mei 2024. Pengumuman hasil seleksi (penerimaan) akan dilakukan pada tanggal 27 Mei 2024.

Jalur SM-IPB Internasional


Pada jalur Seleksi Mandiri Masuk IPB (SM-IPB) Internasional ini, peserta seleksi merupakan lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, 2023, atau 2024. Peserta akan mengikuti ujian online yang meliputi Tes Kemampuan Skolastik dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Selain itu, peserta juga diwajibkan mengunggah sertifikat TOEFL iBT dengan skor 72-86, TOEFL ITP dengan skor 477-510 dan IELTS dengan skor score 4.0-5.0.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0926 seconds (0.1#10.140)