Pendaftaran Kelas Internasional UGM 2024 Dibuka, Cek Kuota dan Persyaratannya

Kamis, 22 Februari 2024 - 15:01 WIB
loading...
Pendaftaran Kelas Internasional UGM 2024 Dibuka, Cek Kuota dan Persyaratannya
Jalur pendaftaran kelas internasional UGM atau International Undergraduate Program (IUP) 2024 kembali dibuka. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Jalur pendaftaran kelas internasional UGM atau International Undergraduate Program (IUP) 2024 kembali dibuka. Berikut ini kuota dan persyaratan kelas internasional UGM yang berlaku tahun ini.

IUP UGM dibuka pada 11 fakultas dan 24 program studi yang dibuka sebanyak tiga gelombang. Gelombang pertama dibuka hingga 24 Februari 2024, lalu gelombang 2 pada April, dan gelombang 3 pada Juni 2024.

Kuota


Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM Sigit Priyanta mengatakan, kuota program studi di jalur IUP sebanyak 965 dan masing-masing program studi ada variasi terkait jumlah kuota yang akan diterima.

Ada yang 25, 30, atau 60 bervariasi tapi secara prinsip kita memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk bisa diterima di program IUP UGM,” katanya, dikutip dari laman UGM, Kamis (22/2/2024).

Baca juga: UNS Buka Kelas Internasional Program Sarjana, Ini Keunggulannya

IUP UGM tidak hanya membuka peluang kuliah di UGM. Namun program ini juga membuka peluang untuk belajar lebih jauh dengan standar internasional, dan menimba satu semester di berbagai negara.

Dengan demkian, mahasiswa tidak hanya mampu menguasai program studi utama, namun juga mumpuni dalam memahami perbedaan kultur, pembelajaran, hingga pengembangan secara internasional.

Persyaratan


Persyaratan umum bagi calon mahasiswa baru IUP mirip dengan jalur penerimaan UGM lainnya. Namun karena program ini menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar, maka calon mahasiswa diwajibkan memiliki kemampuan penguasaan bahasa inggris yang baik.

Kompetensi ini akan diujikan dalam proses seleksi melalui beberapa format tes, seperti wawancara, Tes Potensi Akademik, hingga Focus Group Discussion. Setiap fakultas juga memiliki format tes yang berbeda, sesuai kebutuhan dan kesesuaian calon mahasiswa dengan program studi yang dituju.

Fakultas Teknik (FT) UGM juga terbilang baru dalam membuka program IUP. Kendati demikian, hampir seluruh program studi FT UGM telah diakreditasi secara internasional.

Baca juga: UGM Tembus 50 Universitas Terbaik Dunia

Tahun lalu, FT membuka program IUP untuk 3 dari 8 program studi. Sedangkan tahun ini, FT menambah program IUP untuk 5 program studi lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)