Lulus Tanpa Skripsi dan KKN, Dewi Jadi Lulusan Tercepat UNY dengan IPK 3,85

Minggu, 25 Februari 2024 - 14:55 WIB
loading...
Lulus Tanpa Skripsi dan KKN, Dewi Jadi Lulusan Tercepat UNY dengan IPK 3,85
Dewi Meiliyan Ningrum menjadi lulusan tercepat UNY tanpa menulis skripsi dan juga mengikuti KKN. Foto/UNY.
A A A
JAKARTA - Dewi Meiliyan Ningrum menjadi lulusan tercepat UNY tanpa menulis skripsi dan juga mengikuti KKN . Status lulusan tercepat ia raih di Wisuda UNY Periode III 2024.

Lulusan tercepat jenjang sarjana ini merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Alumnus SMKN 2 Depok Sleman ini berhasil lulus hanya dalam waktu 3 tahun 3 bulan dengan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,85.

Alumnus Jurusan Kimia Industri yang Punya Passion Mengajar


Dewi awalnya bersekolah di SMKN 2 Depok Sleman atau STM Pembangunan Yogyakarta jurusan Kimia Industri. Awal mula ia berpikir panjang mengenai kelanjutan studinya ialah saat ia magang di Badan Tenaga Nuklir Nasional saat tahun keempatnya di SMK tersebut.

Baca juga: Momen Haru Ortu Mahasiswa UGM Wakili Wisuda Anaknya yang Meninggal sebelum Sidang Skripsi

Saat itu, ia mendapati fakta jika bekerja di bidang kimia sangat beresiko. Mulai dari risiko paparan bahan radioaktif dan korosif, kecelakaan kerja, hingga percikan saat reaksi larutan.

Kegelisahan gadis kelahiran Sleman, 7 Mei 2001 itu akan studi lanjutnya pun menemui titik terang ketika ia menyadari lebih suka mengajar dibanding berlama-lama di laboratorium.

Hal ini disadari karena ia memang mengisi waktu di rumah dengan menjadi guru di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA). "Melihat anak-anak memahami ilmu yang saya sampaikan ternyata jauh lebih membahagiakan daripada bereksperimen di laboratorium," katanya, dikutip dari laman UNY, Minggu (25/2/2024).

Jurusan spesifik yang ingin ia pelajari adalah pendidikan luar biasa. Hingga ia pun menelusuri semua kampus pendidikan dan hatinya tertambat di UNY yang dikenal sebagai universitasnya guru-guru.

Tinggi harapan Dewi bahwa ia tak hanya bisa mengajar di semua jenjang sekolah namun juga mendidik berbagai anak dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Lolos SNBT dan Peraih KIP Kuliah


Dewi diterima di UNY jalur SBMPTN, kini beralih nama menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan ia pun kuliah gratis di UNY karena menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Baca juga: Cerita Rivaldy, Penerima Beasiswa ADik dari Papua Lulus Kedokteran di UGM
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)