Teliti Teh Hijau, Dosen Undip Semarang Diganjar Penghargaan Kemendikbudristek

Selasa, 27 Februari 2024 - 14:00 WIB
loading...
Teliti Teh Hijau, Dosen Undip Semarang Diganjar Penghargaan Kemendikbudristek
Dosen Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Vokasi Universitas Diponegoro (undip) Semarang, Mohamad Endy Yulianto sukses menorehkan prestasi Kekayaan Intelektual (KI) dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi. Foto/laman Undip
A A A
SEMARANG - Torehan prestasi dicatat sivitas akademika Undip .Dosen Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Vokasi Universitas Diponegoro (undip) Semarang, Mohamad Endy Yulianto sukses menorehkan prestasi Kekayaan Intelektual (KI) dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV)

Acara Apresiasi Kemendikbudristek diikuti oleh seluruh perguran tinggi di bawah Diksi, dengan tema Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi di Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta belum lama ini. .

Ditjen Diksi Kiki Yuliati memberikan pengarahan bahwa program anugerah penghargaan atas dedikasi dan kontribusi capaian kinerja dosen terkait implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Direktur APTV Beny Bandanadjaja, menambahkan untuk memotivasi dan mendorong perguruan tinggi vokasi dengan meningkatkan kualitas pendidikan, di antaranya capaian Kekayaan Intelektual yang merupakan luaran penelitian dan pengabdian masyarakat.



Endy menyampaikan penelitiannya tentang hilirisasi bermitra dengan industri teh hijau PPTK Gambung dan PT. Rumpun Sari Medini didanai oleh RISPRO LPDP dengan kajian “Pengembangan Mini Plant Super Teh Hijau Kompetitif melalui Proses Inaktivasi dengan menggunakan Mechanically Dispersed-Rotary Steamer“.

Inovasi penelitian ini adalah peningkatan kadar katekin teh hijau yang sangat atraktif, sehingga khasiat sejati teh hijau akan sangat nyata dalam taklukkan penyakit mematikan.

Penelitian dengan TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) 7–9 ini menghasilkan luaran paten, TTG steamer-pendingin industri, dokumen bisnis plan, SOP, market study, dan feasibility study (FS). Paten granted no IDS000007201 berjudul “Proses Inaktivasi Enzimatis untuk Pembuatan Teh Hijau menggunakan Steamer Pendispersi Silinder” dan no P00202002255 dengan invensi “Alat Mechanically Dispersed-Rotary Steamer Terintegrasi Pendingin untuk Proses Inaktivasi Enzimatis” yang diimplementasikan di industri Teh Hijau PPTK Gambung terang Pemilik 22 Paten granted ini.

“Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan saya terhadap pasar teh dunia yang dibayangi gejala kelebihan pasokan dan biaya produksi cenderung meningkat, mengharuskan para produsen teh untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah. Padahal teh merupakan minuman paling populer setelah air, dikonsumsi setiap hari oleh jutaan orang di seluruh dunia,” jelas Endy dikutip dari laman resmi Undip, 24 Februari 2024.



Endy yang telah publikasi 65 paper internasional bereputasi terindeks Scopus menerangkan bahwa teh hijau dengan kandungan polifenol seperti: catechin, epicatechin, epigallo catechin, epicatechin gallate, epigallo catehchin gallat dan asam gallat, dinyatakan memiliki aktivitas anti kanker, menjaga kesehatan jantung, bersifat anti oksidan, anti mikroba, memperpanjang masa menopouse, mencegah penyakit kardiovaskular, obesitas dan penyakit degeneratif lainnya.

Namun demikian, pengolahan teh hijau di Indonesia pada umumnya memiliki kadar katekin ± 10,81% berat kering. Kadar katekin teh hijau ini relatif rendah, karena sebagian mengalami oksidasi katekin, degradasi termal, epimerisasi katekin dan pada prinsipnya dilakukan melalui tahapan: panning, penggulungan, pengeringan, sortasi, dan pengepakan.
Meskipun demikian, tahapan yang paling menentukan kualitas teh hijau adalah proses inaktivasi enzimatis dalam sitoplasma daun teh.

Endy menjelaskan, hasil penelitian hilirisasi bersama Tim Dr.Eng Vita Paramita, S.T., M.M., M.Eng; Prof. Dr. Eflita Yohana; Dr. Indah Hartati; Dr. Dadan Rohdiana; dan Didik Ariwibowo, S.T., M.T. melalui teknologi inaktivasi enzimatis menggunakan proses mechanically dispersed-rotary steamer dapat mereduksi konsumsi energi dan meningkatkan produktivitas hingga mencapai Rp.1.620/kg teh hijau.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3295 seconds (0.1#10.140)