Budaya Positif di Sekolah Berperan untuk Kembangkan Skill dan Karakter Siswa

Selasa, 27 Februari 2024 - 19:45 WIB
loading...
Budaya Positif di Sekolah Berperan untuk Kembangkan Skill dan Karakter Siswa
Peresmiann gedung baru Sekolah Citra Kasih CitraGarden Jakarta (SCK CG). Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Dengan mengedepankan budaya positif sekolah dapat membangun skill dan karakter siswa dengan baik. Budaya positif ini yang juga dikembangkan oleh Sekolah Citra Kasih CitraGarden Jakarta.

Sekolah Citra Kasih CitraGarden Jakarta mengedepankan program Positive Pals yang bertujuan membentuk serta membiasakan diri terhadap karakter positif dalam keseharian siswa-siswi, antara lain mengenai kindness, forgiveness, appreciation, carefulness, dan sebagainya.

General Manager Ciputra Education (Yayasan Citra Berkat) Boedi Tjusila menuturkan, Sekolah Citra Kasih CitraGarden Jakarta harus konsisten menjadi sekolah dengan lingkungan belajar yang aman serta nyaman bagi siapa pun. Dengan menerapkan budaya positif pada akhirnya siswa-siswi dapat fokus pada pengembangan diri yang holistik, sepenuhnya bertumbuh sesuai kodrat mereka sebagai anak-anak yang membutuhkan pendampingan serta dorongan yang membangun.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Sekolah di Indonesia, Pilih Homeschooling atau Boarding School

Dia mengatakan, budaya positif harus dimaknai oleh seluruh warga sekolah, antara lain mengenai nilai-nilai kehidupan dan kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Dengan bimbingan guru profesional dan sejumlah fasilitas seperti interaktif smartbord, games room, ruang audio-visual, laboratorium komputer dengan perangkat IMAC, lapangan basket indoor dan outdoor, serta berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang menyenangkan, dapat memacu siswa-siswi untuk berkembang menjadi pribadi yang penuh hormat, kritis, tangguh, peduli, kreatif, serta bertanggung jawab.

"Oleh karena itu beberapa pekan yang lalu Sekolah Citra Kasih CitraGarden menandatangani kerja sama dengan Universitas Sanata Dharma sebagai penguatan pada aspek profesionalitas guru sebagai ujung tombak proses pendidikan” jelasnya, dalam siaran pers, dikutip Selasa (27/2/2024).

Dia menjelaskan, budaya positif yang berjalan di sekolah ini diterapkan dari konsep pendidikan Finlandia. Dengan harapan, kualitas siswanya tidak hanya berkembang dalam bidang akademik namun juga skill dan karakter.

"Dalam penerapannya setiap anak mempunyai mentor per 15-20 anak yang tiap minggu ngobrol dan berdiskusi berbicara skill dan karakter. Guru-guru kami dalam kelas menghilangkan negative word. Kata-kata positif ditambahkan sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang diapresiasi," jelasnya.

Baca juga: Peran Guru Memutus Rantai Kekerasan Seksual di Sekolah Dinilai Penting

Dalam kesempatan ini, Sekolah Citra Kasih CitraGarden meresmikan empat gedung sekolah baru untuk ditempat siswa jenjang TK, SD, SMP, dan SMA, Senin (26/2/2024).

Ketua Yayasan Citra Berkat Junita Ciputra mengungkapkan rasa syukur atas selesainya pembangunan gedung baru beserta seluruh fasilitas yang terdapat di dalamnya. Penambahan fasilitas baru diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar-mengajar yang semakin baik bagi seluruh siswa-siswi bersama para guru beserta staf.

“Semoga gedung ini menjadi tempat bagi generasi muda Indonesia untuk senantiasa bertumbuh dan menempa diri. Khususnya bagi pengembangan wawasan entrepreneurship sebagai bagian dari visi sekolah.” terangnya.

Menempati area 5.770 m2 gedung baru yang ditempati oleh SMP memiliki fasilitas antara lain 12 ruang kelas, ruang audio-visual, ruang perpustakaan, lapangan basket indoor, ruang laboratorium, area kantin, ruang informasi, ruang kepala sekolah,
ruang pertemuan orang tua, ruang guru, ruang makan, ruang OSIS, ruang sarana kesehatan, dan area parkir indoor serta outdoor.

Pembangunan dimulai pada 31 Maret 2021 dan selesai pada 21 Juni 2023. Gedung baru memiliki kapasitas ruangan yang dapat menampung 336 orang siswa-siswi, melengkapi gedung SMA yang semula dipakai bersama dengan kapasitas 670 orang siswa-siswi.

Luas area gedung SMA 5.004 m2 dengan 2 lapangan basket outdoor dan semi-indoor, serta hall modern yang dapat
menampung 700 orang. Total kelas saat ini baik di gedung SMP dan SMA dapat menampung 1000 siswa-siswi SMP dan SMA.

Executive Board Ciputra Group Denny Bernardus mengharapkan gedung baru dan sejumlah fasilitas yang ditambahkan dapat menjadi daya dukung untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki kekuatan pada aspek akademis, kuat secara mental, fisik, dan wawasan, serta memiliki nilai-nilai spiritualitas yang baik.

“Merupakan peran kita bersama untuk mendidik siswa-siswi menjadi generasi yang dapat memimpin dirinya sendiri, memberikan dampak yang baik bagi sesama, serta memiliki kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia.” ungkapnya.

Peserta didik SMP dan SMA menempati gedung yang bersebelahan. Kondisi ini memungkinkan interaksi positif terjadi di antara mereka.

Terlebih Sekolah Citra Kasih CitraGarden Jakarta mengedepankan program Positive Pals yang bertujuan membentuk serta membiasakan diri terhadap karakter positif dalam keseharian siswa-siswi, antara lain mengenai kindness, forgiveness, appreciation, carefulness, dan sebagainya.

Sementara School General Manager Sekolah Citra Kasih CitraGarden Jakarta Fenny Sukamto menjelaskan, selain tim untuk membimbing guru juga ada tim konselor untuk menangani kesehatan mental peserta didik.

"Misalnya ada anak yang sedang down, konselor nanti akan membantu siswa tersebut. Lalu juga ada screening tes untuk mengetahui level stress atau anxietynya. Jika levelnya sudah berat konselor akan memanggil siswa tersebut," ujarnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)