8 Jurusan Kuliah dengan Tingkat Kepuasan Kerja Tertinggi, Guru PAUD hingga Peternakan

Kamis, 29 Februari 2024 - 14:42 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah dengan Tingkat Kepuasan Kerja Tertinggi, Guru PAUD hingga Peternakan
Walau harus berurusan dengan anak-anak sepanjang hari, namun pekerjaan sebagai guru PAUD ternyata menjadi salah satu jurusan kuliah dengan tingkat kepuasan tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 8 jurusan kuliah dengan tingkat kepuasan kerja tertinggi. Semua orang menginginkan bisa bekerja di tempat yang memberinya gaji besar. Salah satu kualifikasi yang bisa mewjudkan hal itu adalah kualitas latar belakang pendidikannya.Secara spesifik lulusan dari jurusan atau program studi (prodi) berkualitas

Tahukah kamu bahwa di dunia ini ada sejumlah lulusan kuliah dari berbagai jurusan yang disebut memiliki kepuasan kerja tertinggi. Dilansir situs Study International, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

8 Jurusan Kuliah dengan Tingkat Kepuasan Kerja Tertinggi


1. Kesehatan Gigi


Menurut survei PayScale, karier di bidang kesehatan gigi menduduki peringkat 50 besar mengenai kepuasan kerja, mengalahkan lebih dari 500 bidang profesi lainnya.

Sedangkan menurut survei tentang kepuasan kerja yang dilakukan oleh Glassdoor pada 2019, karier sebagai ahli kesehatan gigi menempati peringkat kedua.

Alasan utamanya karena menjadi ahli kesehatan gigi mendapatkan gaji yang cukup besar. Selain itu, mereka juga memiliki banyak waktu untuk menikmati kehidupan, sehingga pekerjaan ini sangat work-life balance.

2. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)


Ternyata, pekerjaan sebagai guru pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki kepuasan kerja cukup tinggi. Walau harus berurusan dengan anak-anak sepanjang hari, namun menurut para guru PAUD mereka merasa senang.

3. Psikologi

Menjadi seorang psikolog bukanlah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi, tingkat kepuasan kerja di bidang ini cukup tinggi. Salah satu alasannya karena psikolog dapat membantu banyak orang lain yang tengah menghadapi kesulitan atau masalah sehari-hari.


4. Manajemen Sumber Daya Manusia


Sekitar empat per lima karyawan sumber daya manusia (SDM) di Amerika Serikat (AS) merasa puas dengan pekerjaannya. Faktor ini disebabkan oleh tugas dan tanggung jawab mereka dalam menemukan dan mempertahankan orang-orang berbakat di dalam perusahaan.

5. Keperawatan


Bekerja sebagai seorang perawat ternyata memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi. Salah satu alasannya karena para perawat dapat menjalin hubungan dengan pasien serta membantu mereka untuk cepat sembuh.

6. Pemasaran Digital (Digital Marketing)


Senang bekerja di dunia marketing? Jika iya, kamu cocok dengan pekerjaan sebagai digital marketing. Sebab, pekerjaan ini cocok untuk orang yang ramah dan senang mempromosikan portofolio klien ke seluruh dunia.

7. Desain UX


Survei yang dilakukan oleh MeasuringU menunjukkan posisi sebagai desain UX memiliki nilai skor kepuasan kerja cukup tinggi, yaitu 72%.

Sedangkan menurut Glassdoor, pekerjaan sebagai desainer UX masuk dalam daftar 50 pekerjaan teratas di AS berdasarkan potensi penghasilan, jumlah lowongan kerja, dan kepuasan kerja secara menyeluruh.

8. Ilmu Peternakan


Banyak calon mahasiswa yang kurang tertarik masuk di jurusan ilmu peternakan. Padahal, lulusan dari jurusan ini memiliki tingkat kepuasan kerja cukup tinggi.

Survei dari Career Explorer menunjukkan bekerja sebagai dokter hewan memiliki tingkat kebahagiaan 'agak puas'. Meski harus berurusan dengan berbagai macam jenis hewan, namun para dokter mengaku senang dengan pekerjaannya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)