UNY Buka Jurusan Langka Pengobatan Tradisional Indonesia, Ini Mata Kuliahnya

Jum'at, 01 Maret 2024 - 11:14 WIB
loading...
A A A
Botani herbal mencakup studi tentang sifat kimia dan biologi dari tanaman obat, serta penggunaan tradisional dan modern dari tanaman obat untuk pengobatan penyakit.

Tak ketinggalan akupuntur. Menjadi salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh manusia.

Di sini, mahasiswa akan mempelajari tentang dasar-dasar teori akupuntur, prinsip-prinsip diagnosis, teknik aplikasi jarum dan penggunaan metode terapi tambahan seperti moxibustion dan pijat akupunktur.

Karena akan bersinggungan langsung dengan masyarakat, mahasiswa juga akan mempelajari mengenai etika dan praktik klinis dalam praktik akupuntur.

Mata kuliah ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pengobatan alternatif dan metode-metode tradisional dalam dunia medis.

Mata kuliah yang tidak kalah menarik adalah terapi Masase Bayi. Masase Bayi merupakan masase yang dilakukan pada jaringan lunak secara manual. Dengan melakukan memegang, menggerakkan dan atau memberikan penekanan pada tubuh untuk memberi pengaruh positif terhadap perkembangan bayi.

Stimulasi masase/pijat merupakan kombinasi bentuk stimulasi multimodal, yaitu raba (taktil) dan gerak (kinestetik) yang dilakukan oleh orangtua, tenaga kesehatan atau anggota keluarga lainnya.

Bisa Dipilih di Jalur SNBP, SNBT dan Mandiri


Calon mahasiswa yang tertarik prodi ini dapat mendaftar melalui jalur SNBP, SNBT maupun Seleksi Mandiri. UNY hanya akan membuka prodi baru ini untuk satu kelas saja, atau 40 mahasiswa.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)