Mau Kuliah Vokasi Favorit? Ini 10 Politeknik dengan Pendaftar UTBK-SNBT Terbanyak 2023

Sabtu, 02 Maret 2024 - 14:17 WIB
loading...
Mau Kuliah Vokasi Favorit? Ini 10 Politeknik dengan Pendaftar UTBK-SNBT Terbanyak 2023
Politeknik Negeri Bandung atau biasa disebut Polban menjadi politeknik dengan jumlah pendaftar jalur UTBK-SNBT terbanyak di tahun 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 politeknik dengan pendaftar UTBK -SNBT terbanyak di 2023 yang bisa jadi referensi mendaftar di 2024. Politeknik saat ini menjadi salah satu jenjang pendidikan tinggi yang banyak dipilih calon mahasiswa selain universitas.

Seperti halnya perguruan tinggi negeri, banyak politeknik negeri yang menggunakan jalur UTBK-SNBT sebagai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru. Mengutip kun Instagram @masukkampus, artikel kali ini akan membahas daftar politeknik dengan pendaftar UTBK-SNBT terbanyak di 2023, simak ya!

10 Politeknik dengan Pendaftar UTBK-SNBT Terbanyak Tahun 2023


1. Politeknik Negeri Bandung


- Jumlah Pendaftar: 10.400

2. Politeknik Negeri Jakarta


- Jumlah Pendaftar: 8.998

3. Politeknik Negeri Malang


- Jumlah Pendaftar: 7.036

4. Politeknik Negeri Sriwijaya


- Jumlah Pendaftar: 5.787

5. Politeknik Negeri Semarang


- Jumlah Pendaftar: 4.591

6. Politeknik Negeri Padang


- Jumlah Pendaftar: 4.526

7. Politeknik Negeri Medan


- Jumlah Pendaftar: 3.858

8. Politeknik Negeri Jember


- Jumlah Pendaftar: 2.951

9. Politeknik Negeri Samarinda

- Jumlah Pendaftar: 2.824

10. Politeknik Negeri Pontianak


- Jumlah Pendaftar: 2.680


5 Keunggulan Politeknik Dibandingkan Universitas


1.Lebih Spesifik dan Praktis


Kelebihan politeknik pertama adalah menawarkan disiplin ilmu yang lebih spesifik, mirip seperti di SMK. Bagi para calon mahasiswa memilih jurusan sesuai passion atau minat yang dimiliki dan langsung mempelajarinya secara lebih mendalam.

2. Lebih Banyak Praktik Dibandingkan Teori


Berbeda dari universitas, politeknik memberikan lebih banyak praktik dibanding teori. Pendidikan vokasi pada perguruan tinggi ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk siap bekerja. Kelebihan politeknik ini perlu menjadi pertimbangan penting.

3. Mendukung Peningkatan Berbagai Softskill


Selepas lulus kuliah, setiap individu dituntut untuk memiliki keterampilan teknis (hard skill). Namun, memiliki keterampilan non teknis (soft skill) juga tidak kalah pentingnya, dari cara berpikir kreatif, leadership skill, problem solving, dan sebagainya.

Salah satu kelebihan politeknik yang patut dipertimbangkan yaitu institusi pendidikan ini mempelajari beragam keterampilan non teknis. Contohnya mahasiswa pada jurusan animasi tidak hanya mempelajari cara atau teknik-teknik dalam membuat motion graphic, menggambar karakter, atau membuat model 3D, namun juga akan diajak untuk mengasah kreativitas.

4. Siap Terjun ke Dunia Kerja


Dengan ilmu dan pengalaman praktek yang dimiliki, lulusan politeknik menjadi lebih siap menghadapi dunia kerja. Para mahasiswa politeknik umumnya memiliki pengalaman lebih dalam hal bekerja secara nyata. Karena sudah lebih dulu mengenal serta akrab dengan atmosfer kerja sejak kuliah.

5.Banyak Dibutuhkan Perusahaan


Dari hasil tracer studi yang telah dilakukan oleh beberapa politeknik, menunjukan bahwa yang paling diminati oleh industri atau dunia kerja adalah lulusan dari program Diploma III, karena Industri cenderung membutuhkan tenaga pelaksana pada level menengah. Informasi ini yang sering kali luput dari perhatian masyarakat, karena pemahaman yang masih kurang tentang pendidikan politeknik ini.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2419 seconds (0.1#10.140)