10 Politeknik Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2023, PENS Nomor Satu

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:53 WIB
loading...
10 Politeknik Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2023, PENS Nomor Satu
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi politeknik terbaik di Indonesia menurut lembaga pemeringkat Webometrics 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 politeknik terbaik di Indonesia tahun 2023. Berminat mendaftar di politeknik? Pertanyaan politeknik mana yang berkualitas di Indonesia selalu mencuat. Politeknik merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada pendidikan mengenai teknik dan teknologi. Pada dasarnya, politeknik sebenarnya hampir mirip dengan perguruan tinggi pada umumnya.

Hanya saja, politeknik mengajarkan hal-hal seputar keterampilan dan ilmu terapan. Dengan demikian, politeknik biasa disebut juga sebagai pendidikan vokasi atau pelatihan vokasional. Sistem pendidikannya juga lebih fokus pada praktik ketimbang teori.Artikel kali ini akan membahas daftar 10 politeknik terbaik di Indonesia menurut lembaga pemeringkat Webometrics 2023, simak ya?

10 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023


1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)


Peringkat di Indonesia (28)

2. Politeknik Negeri Lhokseumawe


Peringkat di Indonesia (82)

3. Politeknik Pertanian Negeri Kupang


Peringkat di Indonesia (109)

4. Politeknik Negeri Perkapalan Surabaya


Peringkat di Indonesia (130)

5. Politeknik Negeri Malang


Peringkat di Indonesia (159)

6. Politeknik Negeri Batam


Peringkat di Indonesia (176)

7. Politeknik TEDC Cimahi


Peringkat di Indonesia (182)

8. Politeknik Negeri Tanah Laut


Peringkat di Indonesia (185)

9. Politeknik Negeri Kupang


Peringkat di Indonesia (202)

10. Politeknik Negeri Banjarmasin


Peringkat di Indonesia (205)


4 Kelebihan Politeknik Dibandingkan Universitas


1. Lebih Banyak Praktik Dibandingkan Teori


Kelebihan politeknik berikutnya yaitu memberikan lebih banyak praktik dibanding teori. Ini adalah salah satu perbedaan utamanya dibanding universitas. Pendidikan vokasi pada perguruan tinggi ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk siap bekerja.

Jika menempuh pendidikan di politeknik, kamu akan mendapatkan berbagai ilmu melalui praktik baik di studio, laboratorium, maupun lapangan. Ini sangat cocok bagi kamu yang lebih menyukai praktik langsung daripada banyak belajar teori.

2. Ilmu yang Ditawarkan Lebih Spesifik dan Praktis


Politeknik menawarkan disiplin ilmu lebih spesifik. Ini memungkinkan para calon mahasiswa memilih jurusan sesuai passion atau minat yang dimiliki dan langsung mempelajarinya secara lebih mendalam.

Politeknik sebenarnya menyerupai SMK namun pada tingkat pendidikan lebih tinggi. Ini artinya, ketika para mahasiswa menempuh pendidikan di sana, mereka akan diberikan ilmu yang langsung berkaitan dengan pekerjaan pada bidang tersebut.

3. Mengasah Berbagai Softskill


Di dunia kerja, tenaga kerja tidak hanya dituntut untuk memiliki keterampilan teknis (hard skill). Akan tetapi, memiliki keterampilan non teknis (soft skill) juga tidak kalah pentingnya, dari cara berpikir kreatif, leadership skill, problem solving, dan sebagainya.

Salah satu kelebihan politeknik yang patut diperhatikan yaitu institusi pendidikan ini bukan hanya mengajarkan keterampilan teknis. Lebih dari itu, di sini kamu akan mempelajari beragam keterampilan non teknis.

4. Siap Langsung Terjun ke Dunia Kerja


Kelebihan politeknik berikutnya yaitu mencetak mahasiswa yang siap terjun ke dunia kerja. Berkat semua pendidikan yang diperoleh, mulai dari teori, praktik dengan porsi lebih banyak, hingga softskill tentu para lulusan lebih siap menghadapi dunia kerja.

Para mahasiswa politeknik umumnya memiliki pengalaman lebih dalam hal bekerja secara nyata. Karena sudah lebih dulu mengenal serta akrab dengan atmosfer kerja sejak kuliah. Ini adalah bekal penting ketika berada di lingkungan kerja sebenarnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)