Inovasi Perguruan Tinggi dan Vokasi untuk Mendukung Kemandirian Produk Dalam Negeri

Selasa, 05 Maret 2024 - 21:40 WIB
loading...
A A A
Menteri Perekonomian Maritim dan Investasi selaku Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), Luhut Binsar Pandjaitan, turut menekankan bahwa seluruh Kementerian/Lembaga diharapkan terus berinovasi dan memanfaatkan produk-produk lokal agar industri dalam negeri tetap tumbuh dan berkembang.

“Saya berharap kita semua harus bekerja bahu-membahu agar ini bisa terus kita pertahankan. Kita harus upayakan semaksimal mungkin belanja produk dalam negeri,” tuturnya.

Luhut menambahkan bahwa realisasi belanja Produk Dalam Negeri (PDN) meningkat 104 persen dari Rp 749,5 triliun pada 2022 menjadi Rp 1.349,8 triliun pada 2023. Apresiasi diberikan kepada BUMN yang realisasinya naik pada kisaran Rp 482 triliun. Serta kepada kementerian/lembaga dan Pemda yang turut meningkat 26 persen.

Ia menyampaikan jika performa tersebut terus ditingkatkan, ia yakin akan berkontribusi untuk mencapai Indonesia Maju pada tahun 2045. Kondisi tersebut juga akan memberikan kepastian ke industri, dalam hal penyediaan demand, pengembangan industri dan inovasi PDN, dan peningkatan investasi untuk pengembangan PDN.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)