Ornamen Header
Hasil SBMPTN Diumumkan Sore Ini, Dirjen Dikti Semangati Peserta Tak Lolos
Hasil SBMPTN Diumumkan Sore Ini, Dirjen Dikti Semangati Peserta Tak Lolos
Foto/ilustrasi SINDOnews
JAKARTA - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 diumumkan sore ini, pukul 15.00 WIB. Hasil itu dapat diketahui melalui laman resmi ltmpt.ac.id.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk masuk perguruan tinggi berjalan dengan aman tanpa terkendala. Ia pun mengapresiasi kerja panitia di bawah kepemimpinan Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Muhammad Nasih.

“Selamat bagi yang diterima. Bagi yang belum, jangan patah semangat karena SBMPTN bukan satu-satunya jalur untuk masuk ke perguruan tinggi. Masih banyak kesempatan belajar di perguruan tinggi, baik di swasta maupun program yang lain,” ujar Nizam dalam konferensi pers daring, Jumat (14/8/2020).

(Baca: Lolos SBMPTN, Segera Registrasi di PTN Tujuan)

Ia berharap agar para mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi bisa disiapkan menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul yang bisa membawa kemajuan bagi bangsa dan negara.



Menurut data LTMPT, pendaftar UTBK SBMPTN pada tahun ini mencapai 702.420 orang dengan persentase kehadiran dalam tes sebesar 94,13 persen atau 661.180 peserta yang mengikuti ujian. Sementara, 41.240 peserta yang tidak hadir mengikuti tes.

Sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2020, untuk jalur dan kuota SNMPTN melalui minimum 20 persen dan SBMPTN minimum 40%. Sedangkan ketentuan seleksi mandiri diberikan maksimum 40 persen.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!