10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan Akreditasi Unggul BAN PT, Ini Daftarnya

Jum'at, 08 Maret 2024 - 15:54 WIB
loading...
10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan Akreditasi Unggul BAN PT, Ini Daftarnya
10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiah (PTMA) yang meraih akreditasi Unggul dari BAN PT. Foto/UMJ.
A A A
JAKARTA - Saat ini ada 171 Perguruan Tinggi Muhammadiyah -‘Aisyiah (PTMA) di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu baru ada 10 PTMA yang meraih akreditasi Unggul dari BAN PT.

Perlu diketahui, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi PTMA ke-10 yang telah meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Indikator untuk meraih akreditasi tertinggi bagi perguruan tinggi ini terdiri dari tata kelola, kurikulum, dosen, sarana dan prasarana, kemahasiswaan, lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Selamat, Universitas Muhammadiyah Jakarta Raih Akreditasi Unggul BAN PT

Akreditasi Unggul merupakan peringkat tertinggi yang diberikan kepada perguruan tinggi yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam semua aspek. UMJ meraih Akreditasi Unggul setelah melalui serangkaian penilaian lapangan yang dilakukan oleh asesor BAN PT.

"Alhamdulillah, UMJ sudah mendapatkan akreditasi unggul yang sudah cukup lama ditunggu. Ini merupakan kebahagiaan bagi UMJ karena termasuk ke dalam PTMA ke-10 yang memperoleh akreditasi unggul,” jelas Rektor UMJ Ma'mun Murod, dikutip dari laman UMJ, Jumat (8/3/2024).

Ia menjelaskan, UMJ masih memiliki beberapa program studi yang akan didorong untuk mencapai status Unggul. Dia berharap akreditasi Unggul ini akan meningkatkan minat calon mahasiswa untuk berkuliah di UMJ.

Baca juga: Rekomendasi 2 Universitas di Jakarta Timur Akreditasi Unggul dari BAN PT

“UMJ dikelola dengan cukup serius. Akreditasi unggul ini menjadi perhatian bagi calon mahasiswa dan orangtua karena akreditasi menjadi pertimbangan untuk memilih kampus,” tambahnya.

10 PTMA dengan Akreditasi Unggul BAN PT

1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


UMM yang berdiri sejak 1964 di Malang ini memiliki 66 Prgram Studi. 37 Program Studi di antaranya untuk jenjang Sarjana, 13 Program Studi Pasca Sarjana, 5 Program Studi Doktor, 5 Program Studi Vokasi, dan 6 Program Profesi.

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)


Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berdiri sejak tahun 1981 ini memiliki 12 Fakultas dengan lebih dari 36 program studi.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)


Salah satu PTMA yang berdiri sejak tahun 1981 ini memiliki 23 program studi sarjana, tiga prodi vokasi, 7 program magister, 3 program doktor, dan 5 program pendidikan profesi.

4. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)


Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah meraih akreditasi Unggul sejak 2023. UAD memiliki 11 fakultas di antaranya Fakultas Psikologi, Farmasi, Ekonomi dan Bisnis, Agama Islam, Hukum, dan lainnya.

5. Universitas Muhammadiyah Dr. Hamka (UHAMKA)


Universitas Muhammadiyah Dr. Hamka (UHAMKA) yang berlokasi di Jakarta ini sembilan fakultas seperti FKIP, Fakultas Psikologi, Kedokteran, FISIP, Fakultas Ilmu Kesehatan, Agama Islam, dan lainnya.

6. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)


UMP memiliki 11 Fakultas dengan 36 Program Studi D3, D4 dan S1, 8 Program Studi Pascasarjana dan 5 Program Profesi.

7. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU)


Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) didirikan di Medan pada tahun 1957 dan menyediakan program studi sarjana, pascasarjana dan pendidikan profesi.

8. Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta


Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta berdiri sejak tahun 1991 yang mempunyai cita-cita besar untuk menjadi universitas unggul dan pilihan berlandaskan spirit Islam berkemajuan dengan fokus pada kajian dan pengembangan bidang kesehatan.

9. Unismuh Makassar


Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan pada tanggal 19 Juni 1963 sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan saat ini mempunyai 7 Fakultas 34 Program Studi dan Program Pascasarjana.

10. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)


Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) adalah PTMA kesepuluh yang meraih akreditasi Unggul BAN PT. Hingga saat ini UMJ telah memiliki 10 (sepuluh) fakultas dan 1 (satu) sekolah pascasarjana.

Demikian 10 PTMA yang sudah memiliki akreditasi Unggul BAN PT. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)