Dosen FISIP UPNVJ Berikan 4 Kunci Komunikasi Publik yang Efektif

Jum'at, 08 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
Dosen FISIP UPNVJ Berikan 4 Kunci Komunikasi Publik yang Efektif
Dosen FISIP UPNVJ Dr Munadhil Abdul Muqsith MI Kom, PhD, bersama peserta Bimtek Humas Pemkab Bekasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dosen FISIP Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Dr Munadhil Abdul Muqsith MI Kom, PhD, mengatakan bahwa komunikasi publik yang efektif dan efisien penting untuk memastikan informasi yang disampaikan diterima baik masyarakat.

“Oleh karena itu, perlu upaya strategik meningkatkan ketersampaian dan pemerataan informasi,” kata Munadhil saat menjadi narasumber Bimtek Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi , Kamis (7/3/2024).

Dosen Pascasarjana UPNVJ menjelaskan, ada empat panduan sederhana yang harus menjadi pegangan humas pemerintah dalam menyampaikan informasi atau konten. Pertama, informasi atau konten tersebut harus terkait pelayanan publik.



“Kedua, konten berkaitan dengan informasi publik; ketiga, konten tersebut memiliki kepercayaan dan integritas yang kuat. Keempat, konten yang berkaitan dengan edukasi publik,” ujar Munadhil yang juga Ketua Departemen Ilmu Komunikasi dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UPNVJ.

Pelatiham Bimbingan Teknis (BIMTEK) kepada pegawai Pemkab Bekasi di kelola oleh Boak Events bertema Monitoring Isu dan Strategi Optimalisasi Diseminasi Melalui Media Sosial. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Lembang Asri Resort, Bandung, Jawa Barat, 7 sampai 9 Maret 2024.

Sementara itu, Dr Syahrul Salam, Direktur Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) menjelaskan bahwa Bimtek ini merupakan upaya peningkatan SDM (upskill). Termasuk peningkatan strategi pengelolaan media sosial pemerintah yang efektif dan efisien.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)