Mahasiswa yang Berprestasi Itu seperti Apa sebagai Syarat Mengikuti Pilmapres 2024?

Selasa, 12 Maret 2024 - 11:05 WIB
loading...
Mahasiswa yang Berprestasi Itu seperti Apa sebagai Syarat Mengikuti Pilmapres 2024?
Mahasiswa berprestasi itu seperti apa sebagai dasar syarat mengikuti Pilmapres. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pengertian dari mahasiswa berprestasi menjadi rujukan penting mengikuti Pilmapres . Pilmapres adalah salah satu ajang kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbudristek.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan salah satu ajang talenta yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek untuk mencari mahasiswa -mahasiswa terbaik dari seluruh penjuru Indonesia.

Pada Pilmapres Nasional 2023 lalu yang menjadi pemenang Pilmapres kategori sarjana adalah mahasiswi UGM bernama Schalke Anindya Putri dan jenjang diploma adalah mahasiswi IPB University bernama Violika Sinci Sari.

Tentunya terpilih menjadi mahasiswa berprestasi di antara jutaan mahasiswa di Indonesia merupakan prestasi tersendiri. Kalian bisa mengikuti jejak para pemenang dengan mengikuti Pilmapres 2024.

Baca juga: Kisah Mutiara, Mahasiswi Sarat Prestasi dari UMM Berhasil Lulus Tanpa Skripsi

Pengertian Mahasiswa Berprestasi


Dikutip dari Pedoman Pilmapres 2024, para mahasiswa yang ingin mengikuti ajang talenta berbakat ini sudah sepatutnya mengetahui kriteria dari mahasiswa berprestasi.

Definisi selengkapnya mahasiswa berprestasi sesuai pedoman adalah mahasiswa yang mampu meraih beragam prestasi yang membanggakan di bidang akademik baik melalui intra, ko, maupun ekstra-kurikuler.

Mahasiswa berprestasi merupakan mahasiswa yang mampu memberikan kontribusi nyata, menunjukkan komitmen,
kepedulian terhadap masyarakat sebagai bentuk representasi nasionalisme, kecerdasan sosial, emosional, dan spiritual.

Baca juga: Perjalanan Sheila, Lulusan Teknik Industri Undip Mahasiswa Berprestasi Peraih IPK 3,73

Mahasiswa berprestasi juga memiliki kemampuan menuangkan pemikiran tertulis dan menyampaikan secara lisan baik dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Asing dengan baik, serta memiliki sikap dan perilaku yang patut diteladani.

Demikian pengertian mahasiswa berprestasi yang menjadi landasan Pilmapres yang digadang sebagai usaha untuk mendorong munculnya mahasiswa-mahasiswa unggul yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional,
kinestetis, dan spiritual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)