UI Terima 1.678 Mahasiswa Baru dari SBMPTN 2020

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 20:03 WIB
loading...
UI Terima 1.678 Mahasiswa Baru dari SBMPTN 2020
Gedung Universitas Indonesia. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
DEPOK - Sebanyak 1.678 calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) diterima melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020. Pengumuman dapat dilihat pada Jumat (14/8) melalui situs http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau http://sbmptn.ui.ac.id. Para calon mahasiswa baru UI tersebut berhasil unggul di antara 54.897 total peserta yang memilih UI pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020.

Pada tahun ini, pendaftar program studi (prodi) bidang saintek sebanyak 21.327 orang, dengan jumlah pendaftar tertinggi pada prodi Pendidikan Dokter. Sementara itu, total pendaftar prodi bidang soshum sebanyak 33.570 orang, dengan jumlah pendaftar tertinggi pada Ilmu Hukum. Pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) di UI berjumlah 5.763 orang, yang terdiri atas 1.966 pendaftar pada prodi bidang saintek dan 3.797 pendaftar pada prodi bidang soshum. (Baca juga: Pengumuman SBMPTN Dirilis Sore Ini, Silahkan Dicek di Sini )

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia mengatakan, peserta UTBK-SBMPTN 2020 yang telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa UI, dapat segera melakukan beberapa tahapan. “Tahap I: Pengisian Data dan Pra-Registrasi. Calon mahasiswa baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN harap login pada laman penerimaan.ui.ac.id dan pastikan anda telah mengetahui NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) agar dapat melanjutkan ke tahap Pra-Registrasi pada 14 Agustus 2020 pukul 15.00 sampai dengan 23 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB,” katanya, Jumat (14/8/2020).

Selanjutnya, melakukan pra- registrasi dilakukan pada halaman pra-registrasi.ui.ac.id, Login dengan memasukkan NPM yang telah diperoleh dan pilihan Program Studi. “Ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap dan unggah dokumen yang sesuai,” paparnya. (Baca juga: LTMPT Tekankan Peserta yang Lulus SBMPTN untuk Daftar Ulang )

Tahap II yaitu konfirmasi pilihan kelas permohonan mekanisme pengajuan pembayaran. Langkah pertama melakukan konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran mulai 16 Agustus 2020 pukul 08.00 sampai dengan 17 Agustus 2020. “Pada tahap ini calon mahasiswa baru UI dapat memilih besaran biaya pendidikan yang hendak dibayarkan, yaitu pilihan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa; dan pilihan BOP Pilihan (BOP-P) yang memberikan kesempatan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa untuk berkontribusi dengan membayar besaran biaya pendidikan disesuaikan dengan kemauan bayar,” ungkapnya.

Tahap III yaitu pembayaran biaya pendidikan. Langkah pertama adalah memastikan sudah diketahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) Anda dan telah melakukan konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran pada tahap I. Selanjutnya melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan sejak 18–26 Agustus 2020. “Pembayaran Biaya Pendidikan secara host to host dapat dilakukan melalui ATM atau Teller Bank BNI; ATM Mobile Banking atau Internet Banking Bank Permata; ATM, Teller, Internet Banking atau Mobile Banking CIMB Niaga; ATM Bank Bukopin; ATM, Teller, atau Mobile Banking Bank BTN; ATM, Teller, Internet Banking atau Mobile Banking Bank Mandiri; ATM atau Teller BRI,” tambahnya. (Baca juga: Selamat! 167.653 Peserta Dinyatakan Lulus SBMPTN )

Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan oleh calon mahasiswa baru yang mengundurkan diri tidak dapat dikembalikan dengan alasan apa pun. “Biaya pendidikan yang telah dibayarkan untuk dan atas nama mahasiswa Program Sarjana (S1) Reguler yang diterima melalui jalur SBMPTN tidak dapat dialihkan untuk pembayaran BP mahasiswa lain dan/atau jenjang/program pendidikan/jalur masuk lain,” tukasnya.

Tahap IV yaitu Registrasi Akademik. Pada 27 dan 28 Agustus 2020 calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan TAHAP I sampai dengan TAHAP III (konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran, pra registrasi dan melakukan pembayaran) akan diregistrasikan sebagai mahasiswa baru. Calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri apabila pada 26 Agustus 2020 belum menyelesaikan Tahap I sampai dengan Tahap III. “Informasi lebih lengkap, dapat mengakses situs www.ui.ac.id atau penerimaan.ui.ac.id maupun akun social media UI seperti instagram @univ_indonesia; twitter UI @univ_indonesia dan Facebook Page: Official Universitas Indonesia Page,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)