5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Tak Akan Digantikan Mesin Atau Robot di Masa Depan

Kamis, 14 Maret 2024 - 14:36 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Tak Akan Digantikan Mesin Atau Robot di Masa Depan
Jurusan kependidikan menjadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya tak akan digantikan mesin atau robot di masa depan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 5 jurusan kuliah yang lulusannya tak akan digantikan mesin atau robot di masa depan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat banyak pekerjaan mulai bisa digantikan oleh mesin dan juga kecerdasan buatan atau AI.

Namun jangan khawatir dulu. Ada banyak jurusan kuliah yang tidak bisa digantikan robot atau meski perkembangan dunia AI makin pesat di masa depan. Apa saja jurusan kuliah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Tak Akan Digantikan Mesin Atau Robot


1. Jurusan Pendidikan


Pertama adalah jurusan pendidikan, dimana peran sebagai seorang guru tidak akan bisa digantikan oleh teknologi mesin jenis apapun. Dikarenakan kegiatan mengajar dibutuhkan kemampuan untuk memahami siswa , sehingga jika diganti dengan guru robot pastinya akan kesulitan mengajarkan kemanusiaan khususnya pola pikir manusia.

2. Jurusan Manajemen


Berikutnya ada jurusan manajemen dengan salah satu prospek kariernya adalah menjadi manajer dimana proses ini tidak bisa dengan teknologi AI maupun mesin.

Pasalnya banyak sekali aspek yang harus dikerjakan oleh seorang manajer mulai dari keputusan perusahaan sampai urusan perusahaan yang bersifat dinamis.Oleh karena itu mustahil jika teknologi robot atau AI bisa menggantikan profesi seorang manajer.

Dikarenakan mesin ataupun robot tidak akan bisa membantu untuk memilih kandidat yang tepat bagi perusahaan karena teknologi ini sudah dirancang untuk melakukan berbagai pekerjaan yang pasti.


3. Jurusan Olahraga


Pernahkah kamu membayangkan jika semua atlet yang berlaga di kejuaraan olahraga adalah robot atau mesin. Sudah pasti momen mengharukan, euphoria kemenangan yang akan terjadi tidak bisa sama dengan yang manusia lakukan.

Sehingga bisa dipastikan jika jurusan olahraga memiliki prospek karir yang tidak bisa digantikan dengan teknologi mesin maupun robot.

4. Jurusan Hukum


Prospek kerja dari jurusan kuliah hukum salah satunya adalah menjadi pengacara ataupun hakim dimana profesi ini sama sekali tidak bisa digantikan dengan teknologi mesin ataupun robot. Dikarenakan kedua profesi ini membutuhkan kemampuan strategi, analisa kasus, dan juga kemampuan negosiasi.

5. Jurusan Teknik Komputer


Terakhir, jurusan kuliah yang prospek kerjanya tidak mungkin digantikan oleh teknologi mesin maupun robot adalah Teknik Komputer.

Salah satu prospek kerja dari jurusan ini adalah menjadi analis sistem komputer yang memang berhubungan dengan komputer.
Namun uniknya pekerjaan ini justru yang paling tidak terancam atau bisa digantikan oleh teknologi mesin maupun robot.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)