Banyak Penerima PIP Dikdasmen Tidak Mendapatkan KIP Kuliah, Mengapa?

Jum'at, 15 Maret 2024 - 12:19 WIB
loading...
Banyak Penerima PIP Dikdasmen Tidak Mendapatkan KIP Kuliah, Mengapa?
Keberlanjutan dari PIP Dikdasmen adalah KIP Kuliah. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Keberlanjutan dari PIP Dikdasmen adalah KIP Kuliah .Masalahnya masih banyak penerima Program Indonesia Pintar (PIP) yang tidak melanjutkan pendidikan tinggi dengan KIP Kuliah.

Ketua Tim Beasiswa Pendidikan Tinggi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (BPT-Puslapdik), Septien Prima Diassari mengatakan, masih ada siswa SMA dan SMK di sejumlah daerah yang belum mengetahui adanya KIP Kuliah.

Hal ini sangat disayangkan karena para siswa ini memiliki potensi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi meski ada kendala finansial di keluarganya.

Baca juga: Berapa Lama Uang KIP Kuliah Dicairkan oleh Bank? Cek Infonya di Sini

“Siswa penerima PIP saat di SMA kita dorong untuk melanjutkan pendidikan sampai lulus di perguruan tinggi, baik jenjang D1, D3, atau S1 dan profesi bahkan bisa lanjut sampai S2 dan S3," katanya, dikutip dari laman Puslapdik, Jumat (15/3/2024).

Dia melanjutkan, pada penyaluran 2023 ada 18 persen penerima KIP Kuliah dari siswa lulusan SMA/SMK yang memiliki PIP Dikdasmen.

Sebagai informasi, jumlah penerima KIP Kuliah yang berasal dari siswa lulusan SMA/SMK yang memiliki PIP Dikdasmen Tahun 2023 merupakan akumulasi penerimaan sejak tahun 2021 sampai dengan 2023.

Baca juga: Dibuka 20 Maret, Begini Cara dan Syarat Daftar KIP Kuliah 2024

Hal itu sebagaimana ketentuan yang diatur bahwa penetapan penerima KIP Kuliah dapat bersumber dari lulusan tahun berjalan sampai dengan 2 tahun ke belakang.

Ketua Tim PIP Dikdasmen Puslapdik Sofiana Nurjanah, menjelaskan, PIP telah disalurkan sejak 2015 hingga 2023. Jumlah penerimanya mencapai 17,9 juta siswa. Sedangkan pada tahun ini jumlah penerimanya ditingkakan menjadi 18,6 juta siswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)