Jurus Anti Gagal! Ini 4 Tips Sukses Hadapi Seleksi Bakat Skolastik Beasiswa LPDP

Senin, 18 Maret 2024 - 12:51 WIB
loading...
Jurus Anti Gagal! Ini 4 Tips Sukses Hadapi Seleksi Bakat Skolastik Beasiswa LPDP
Salah satu tips sukses mengikuti seleksi bakat skolastik beasiswa LPDP adalah melakukan persiapan sebelum hari tes. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Berikut 4 tips sukses menghadapi seleksi bakat skolastik LPDP. Seleksi bakat skolastik merupakan cara dalam mengukur kemampuan kognitif seseorang yang dilandasi pemahaman intelegensi. Tes ini penting untuk mengetahui kemampuan nalar peserta secara numerik maupun verbal.

Seleksi Bakat Skolastik LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan)Tahap 1 saat ini sedang berlangsung dari 18-22 Maret 2024. Bagi peserta yang akan menghadapi tes ini, penting untuk memahami beberapa hal agar bisa lolos.Artikel kali ini akan membahas 4 tips sukses menghadapi seleksi bakat skolastik LPDP.

4 Tips Sukses Hadapi Seleksi Bakat Skolastik LPDP


1. Melakukan Persiapan Sebelum Hari Tes


Banyak hal yang bisa dipersiapkan sebelum peserta mengikuti tes. Misalnya belajar dengan sungguh materi-materi yang akan muncul selama tes.

Selain itu, peserta harus sudah memastikan ketersediaan laptop hingga jaringan internet. Untuk menghindari kendala teknis selama tes, peserta bisa menyiapkan laptop cadangan dan mencari posisi mana saja yang dekat dengan sumber listrik.

2. Mengelola Waktu dengan Baik


Dalam waktu 135 menit, peserta harus bisa mengerjakan sebanyak 100 soal. Artinya satu soal harus dijawab kurang lebih dalam waktu 1 menit. Hal ini bisa disiasati dengan berlatih mengelola waktu dengan baik.

Tips yang bisa dicoba jika bertemu soal yang sulit adalah tidak berkutat dengan soal tersebut. Peserta bisa beranjak ke soal berikutnya atau soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Dalam menjawab soal kuantitatif, peserta bisa sekali baca langsung jawab agar tidak membuang banyak waktu.


3. Mengerjakan Soal Termudah


Hal ini berkaitan juga dengan pengelolaan waktu. Peserta dapat menjawab soal-soal yang dianggap mudah dan mengakhirkan soal yang terlihat sulit.

Teknik yang bisa diterapkan untuk mempercepat menjawab soal adalah skimming atau membaca cepat. Peserta bisa membaca pertanyaan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan membaca kalimat penjelas.

4. Baca Buku Paduan


Buku panduan beasiswa LPDP 2024 menjadi bahan bacaan wajib bagi pejuang LPDP. Dalam buku ini dijelaskan secara lengkap tata cara pendaftaran, jadwal seleksi, dan penjelasan lainnya terkait beasiswa LPDP.

Jenis Seleksi Bakat Skolastik LPDP 2024


1. Tes Bakat Skolastik (TBS)

Penalaran verbal: 23 soal, 30 menit

Penalaran kuantitatif: 25 soal, 40 menit

Pemecahan masalah: 12 soal, 20 menit

2. Tes Kepribadian (SJT) : 40 soal, 45 menit


Pada tahun 2024, seleksi bakat skolastik dibedakan menjadi dua jenis tes yakni Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Kepribadian (SJT). Kedua tes ini akan dikerjakan peserta dalam waktu 135 menit.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)