Gagal SPAN PTKIN? Coba Daftar di UM PTKIN 2024, Ini Syarat Daftarnya

Sabtu, 23 Maret 2024 - 10:36 WIB
loading...
A A A
3. Peserta wajib memiliki: Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); Email yang aktif dan dapat dihubungi; Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.

4. Peserta melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman https://um.ptkin.ac.id.

5. Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.

6. Peserta memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi pada PTKIN/PTN.

7. Peserta memilih PTKIN/PTN Titik Lokasi Ujian.

8. Pendaftaran peserta dinyatakan selesai apabila peserta telah melakukan Finalisasi Pendaftaran.

Kuota UM PTKIN 2024


Menurut pernyataan resmi panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) 2024, ada 1.301 pilihan program studi (Prodi) yang bisa dipilih di UM PTKIN 2024.

Prodi itu juga bisa dipilih di jalur SPAN PTKIN dan seleksi mandiri 2024. Jalur UM PTKIN 2024 mulai dibuka pada 6 Mei 2024 danilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan 1 PTN dengan Prodi Keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Dalam pelaksanaan UM-PTKIN tahun 2024 tidak ada kelompok pilihan ujian bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Imu Pengetahuan Sosial (IPS) dan kejuruan. Jadi setiap lulusan dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Pendidikan Diniyah Formal, Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah, Mu'adalahMuallimi, dan Mua'dalah Salafiyah akan bebas memilih program studi. Informasi UM PTKIN 2024 bisa dilihat dari laman https://um.ptkin.ac.id/.

Tiga Jalur Masuk PTKIN


Ada tiga jalur yang dibuka untuk mahasiswa baru dalam memperoleh bangku Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Ketiga jalur itu adalah SPAN PTKIN, UM PTKIN, dan seleksi mandiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)