Ini yang Terjadi Jika Lolos SNBT 2024 tapi Daftar Sekolah Kedinasan

Senin, 25 Maret 2024 - 15:23 WIB
loading...
Ini yang Terjadi Jika Lolos SNBT 2024 tapi Daftar Sekolah Kedinasan
Menurut keterangan resmi panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, siswa yang lolos SNBT 2024 tidak bisa mengikuti seleksi mandiri di kampus manapun. Namun, dengan catatan ia telah melakukan daftar ulang. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Apa bisa mendaftar UTBK SNBT 2024 dan Sekolah Kedinasan berbarengan? Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 dapat diikuti siswa se-Indonesia dengan tujuan yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah sebagai langkah memenuhi syarat untuk mendaftar sekolah ikatan dinas atau sekolah kedinasan. Dua sekolah kedinasan yakni Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dan Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SNN) sejauh ini telah mengumumkan bahwa syarat utama mengikuti seleksinya adalah memiliki nilai UTBK-SNBT 2024.

Karena ketentuan itu, timbullah pertanyaan baru, yakni apa yang terjadi jika siswa yang UTBK-SNBT 2024 dinyatakan lolos ke sebuah kampus, padahal awalnya ia ingin memenuhi syarat sekolah kedinasan? Untuk menjawab hal itu, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

Syarat UTBK-SNBT 2024 di Sekolah Kedinasan

Menurut keterangan resmi panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, siswa yang lolos SNBT 2024 tidak bisa mengikuti seleksi mandiri di kampus manapun. Namun, dengan catatan ia telah melakukan daftar ulang.

"Jadi, untuk UTBK-SNBT kalau diterima tapi tidak mendaftar ulang itu masih memungkinkan diterima di seleksi mandiri pada PTN di bawah Kemendikbudristek ataupun lainnya. Tapi kalau sudah diterima dan mendaftar ulang, tidak bisa ikut seleksi mandiri ataupun sekolah kedinasan," demikian bunyi keterangan di laman YouTube SNPMB BPPP, dikutip Jumat (22/3/2024).



Sementara Sekolah Kedinasan berada di payung berbeda dengan PTN di Kemendikbudristek. Kondisi ini sangat memungkinkan peserta melakukan pendaftaran ke sekolah kedinasan, dengan catatan tidak daftar ulang di PTN tujuan.

Sebagai informasi, pendaftaran UTBK SNBT 2024 telah resmi dibuka hingga 5 April pukul 15.00 WIB mendatang. Saat ini, kelas 12 lulusan 2024 yang tidak eligible SNBP, siswa gap year 2023 dan 2022, serta siswa paket C diperkenankan mendaftar secara daring melalui Portal SNPMB di tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Namun, siswa kelas 12 lulusan tahun 2024 yang sedang mengikuti seleksi SNBP diharap lebih bersabar. Bagi siswa kategori ini, pendaftaran SNBT akan dibuka ketika hasil SNBP dirilis pada 26 Maret 2024 pukul 15.00 WIB hari ini.

Sedangkan masa pendaftaran sekolah kedinasan belum diinformasikan lebih lanjut oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Meski begitu, prosesnya akan berlangsung serentak dalam seleksi sekolah kedinasan 2024.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3042 seconds (0.1#10.140)