5 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Penyuka Ekonomi, Acuan Biar Tidak Salah Prodi

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:27 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Penyuka Ekonomi, Acuan Biar Tidak Salah Prodi
Salah satu jurusan kuliah yang direkomendasikan bagi penyuka bidang ekonomi adalah jurusan Ilmu Ekonomi. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Berikut 5 jurusan kuliah yang cocok untuk penyuka bidang ekonomi . Salah satu jurusan kuliah yang memiliki banyak peminat yaitu jurusan kuliah di bidang ekonomi. Di bidang ekonomi ini banyak sekali jurusan kuliah yang yang berada di bawahnya. Mulai dari jurusan Ilmu Ekonomi hingga jurusan Manajemen.

Bagi kamu yang tertarik untuk menekuni bidang ekonomi, ada beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang bisa kamu ambil. Jurusan apa saja? Dikutip dari akun Instagram @ppmschool, artikel kali ini akan membahasnya secara tuntas, simak ya!

5 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Penyuka Bidang Ekonomi


1. Jurusan Ilmu Ekonomi


Jurusan kuliah pertama di bidang ekonomi yaitu jurusan Ilmu Ekonomi. Mahasiswa yang mengambil jurusan kuliah ini nantinya akan mempelajari mengenai strategi yang tepat untuk mengelola sumber daya dengan meninjau efisiensinya dalam meraih kesejahteraan. Sumber daya tersebut bukan hanya uang atau biaya, tetapi juga sumber daya alam, waktu hingga tenaga.

2. Jurusan Ekonomi Syariah


Jurusan kuliah kedua di bidang ekonomi yang bisa kamu ambil yaitu jurusan kuliah Ekonomi Syariah. Ini merupakan jurusan yang akrab disebut dengan jurusan Ekonomi Islam. Konsep pembelajaran Ekonomi Syariah tidak jauh berbeda dengan jurusan Ilmu Ekonomi.



Di jurusan ini nantinya mahasiswa akan menelaah dasar-dasar ekonomi sesuai dengan prinsip syariah Islam, yaitu berlandaskan Alquran, hadis, beserta kaidah-kaidah fiqih turunannya.

3. Jurusan Aktuaria


Jurusan kuliah selanjutnya di bidang ekonomi yang bisa kamu pilih yaitu Jurusan Aktuaria. Ini merupakan salah satu jurusan kuliah dengan pilihan terbaik jika kamu ingin mendalami mengenai ilmu ekonomi. Walaupun tergolong dalam rumpun saintek, namun di jurusan kuliah ini nantinya mahasiswa akan mempelajari tentang asuransi dan pengelolaan resiko pemakaian asuransi.

4. Jurusan Manajemen


Salah satu jurusan kuliah di bidang ekonomi yang bisa kamu pilih yaitu Jurusan Manajemen.Ini merupakan jurusan yang tepat untuk kamu yang ingin mendalami ilmu ekonomi sekaligus ingin menjadi pebisnis.

Manajemen sendiri terbagi menjadi beberapa fokus, salah satunya adalah finance (keuangan) yang benar-benar mengaplikasikan ilmu ekonomi ke manajerial perusahaan.

5. Jurusan Akuntansi


Jurusan Akuntansi menjadi salah satu jurusan kuliah dalam bidang ekonomi yang bisa kamu pilih. Ini merupakan jurusan yang cocok untuk kamu yang suka terhadap hal-hal akurat dan bersifat detail. Nantinya, mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara mencatat laporan keuangan, memeriksa dan memberi penilaian atas informasi keuangan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)