5 Jalur Masuk Universitas Indonesia 2024 Selain SNBT dan SNBP, Ini Daftarnya

Kamis, 11 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
5 Jalur Masuk Universitas Indonesia 2024 Selain SNBT dan SNBP, Ini Daftarnya
Salah satu jalur masuk Universitas Indonesia (UI) selain SNBT dan SNBP adalah SIMAK UI yakni jalur seleksi tertulis mandiri yang diselenggarakan UI. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jalur masuk Universitas Indonesia (UI) selain SNBT dan SNBP yang perlu diketahui. Kamu yang berminat mendaftar di UI, ada sejumlah jalur masuk yang perlu diketahui selain jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Apa saja? Artikel kali ini akan membahas 5 jalur masuk UI selain SNBT dan SNBP, simak ya!

5 Jalur Masuk UI Selain SNBT dan SNBP


1. Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)


Salah satu jalur mandiri UI ini merupakan jalur seleksi yang mempertimbangkan nilai rapor serta indeks sekolah dalam seleksinya. Seleksi ini menyediakan dua jenjang yaitu Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 dan D4).

Pada jalur PPKB ini, terdapat dua jenis yaitu PPKB Reguler dan Non reguler. Mahasiswa yang masuk di kedua jalur ini akan mendapatkan pendidikan yang setara.

Perbedaan antara PPKB Reguler dan Non reguler adalah terkait biaya pendidikan. Untuk mahasiswa dengan jalur masuk PPKB Reguler, akan menggunakan sistem UKT dalam pembayaran biaya pendidikan.

Untuk non reguler, besar biaya pendidikannya mengikuti SK Rektor terkait biaya pendidikan (meliputi UKT per semester dan IPI di semester 1). Sedangkan bagi jenjang Vokasi, besar biaya pendidikannya juga mengikuti SK Rektor terkait biaya pendidikan (meliputi UKT per semester dan IPI di semester 1)

Periode pendaftaran : 25 April - 14 Juni 2024

2. Seleksi Jalur Prestasi (SJP)


Salah satu jalur seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru UI TA 2024/2025 adalah Seleksi Jalur Prestasi (SJP). Termasuk jalur masuk mandiri UI, SJP menerima calon mahasiswa berdasarkan prestasi nonakademik yang pernah diraih.

Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi/pemenang lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang IPTEKS, olahraga, dan seni di tingkat nasional dan internasional yang diperoleh saat di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/maksimal 3 tahun terakhir.

Bukti prestasi yang dapat dilampirkan antara lain Kompetisi Tingkat Internasional Olimpiade Sains Kompetisi dan kejuaraan tingkat internasional dan nasional yang diselenggarakan oleh kementerian lain dan instansi lembaga setingkat kementerian Kompetisi tingkat Nasional Olimpiade Sains Kompetisi dan kejuaraan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia

Periode pendaftaran : 25 April - 14 Juni 2024

Baca juga: Biaya Kuliah di UI untuk Semua Fakultas, Panduan SNBP SNBT 2024

3. Talent Scouting UI


Talent Scouting merupakan jalur seleksi mandiri berdasarkan nilai rapor dan prestasi untuk program S1 Kelas Internasional.
Selain nilai rapor dan prestasi, proses seleksi jalur Talent Scouting didukung dengan sertifikat TOEFL atau IELTS yang masih berlaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)