5 Contoh Teks Pidato Halalbihalal untuk Mengisi Acara di Sekolah dan Umum

Minggu, 21 April 2024 - 10:42 WIB
loading...
5 Contoh Teks Pidato Halalbihalal untuk Mengisi Acara di Sekolah dan Umum
Contoh teks pidato halal bihalal ini bisa dijadikan referensi untuk mengisi acara silaturahmi lebaran. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Contoh teks pidato halalbihalal ini bisa dijadikan referensi untuk mengisi acara silaturahmi selagi masih berada dalam suasana lebaran.

Biasanya setelah libur lebaran, mereka yang baru masuk sekolah atau kerja akan disuguhi acara halalbihalal terlebih dahulu sebelum menjalankan aktifitas sehari-hari.

Pada acara inilah setiap orang akan saling memaafkan satu sama lain. Sebelum halal bihalal dilakukan umumnya akan ada pidato pembuka atau pidato halal bihalal yang dibacakan.

5 Contoh Teks Pidato Halal Bihalal

1. Contoh Teks Pidato Halalbihalal Pertama


Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji dan syukur marilah kita kirimkan kehadirat Allah SWT, Tuhan pencipta dan pemilaharaalam. Karena hanya semata-semata pertolongan-Nya, pagi hari ini kita dapat berkumpul dalam acara halalbihalal. Semuanya dengan wajah berseri-seri, nampak lebih akrab satu dengan lainnya.

Baca juga: 10 Contoh Teks Pidato Singkat Berbagai Tema, Cocok untuk Tugas Sekolah!

Semoga suasana yang demikian akrabnya di antara kita, dapat kita kembangkan lagi, terutama sesudah kita bersama melaksanakan ibadah puasa bulan suci Ramadhan.

Saudara-saudari yang berbahagia.

Halal bihalal bagi kita bangsa Indonesia adalah tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang kita, yang digali dari bumi pertiwi tercinta ini. Meskipun acara semacam ini termasuk tradisi, tetapi yang jelas manfaat dan maslahatnya besar sekali, maka hal itu tidak dilarang oleh agama.

Sekiranya manusia sudah mampu menjalin hubungan baik kepada Allah dalam garis vertikal, dalam arti kata segala dosa sudah kita selesaikan lewat amal shalih dan dilanjutkan menjalin hubungan yang harmonis terhadap sesama manusia dalam garis horizontal, antara lain lewat halalbihalal semacam yang kita adakan ini, Ansya Allah kita termasuk orang yang idul dan fitri,kembali fitrah.

Kembali tidak mempunyai dosa orang yang Idul Fitri, kembali Fitrah. Kembal itidak mempunyai dosa seperti sewaktu kita lahir dari kandungan ibu kita masing-masing.

Demikianlah, Ramadhan bulan membakar semua dosa, syawal bulan peningkatan amal dan Idul Fitri kembali Fitrah, sudah kami singgung serba sedikit. Dengan satu himbauan dan harapan mudah-mudahan kita mampu mengisi dan memanfaatkan sisa hidup kita ini dengan sebaik- baiknya.

Sebelum saya mengakhiri halalbihalal ini, saya menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1445 H, mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga semua amal baik kita pahalanya dilipatgandakan oleh Allah dan segala khilaf serta dosa mendapat ampunan dari Allah!
Amin Allahumma amin

Terima kasih, wassalamualaikum wr. wb.

2. Contoh Teks Pidato Halalbihalal Kedua


Assalamualaikum wr. wb.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa tetap bersilaturahmi di acara halalbihalal ini.

Tidak lupa juga, shalawat serta salam selalu kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW sampai akhir zaman.
Saudara yang saya hormati, atas nama pimpinan Mushola Nur-Hikmah, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kyai Abdullah yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk hadir di acara ini.

Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang telah hadir pada hari ini, semoga kebersamaan kita akan terus terjalin dan tidak terputus sampai kapanpun. Di hari yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin.

Baca juga: 15 Contoh Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Berbagai Tema dan Strukturnya

Demikianlah sambutan yang dapat saya sampaikan, atas segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih, wassalamualaikum wr. wb.

3. Contoh Teks Pidato Halalbihalal Ketiga


Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wa bihi nasta'in ‘ala umuriddunya waddin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala alihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul di acara Halal Bihalal kali ini.

Semoga acara pada (pagi, siang, malam) ini dapat terlaksana tanpa ada suatu halangan apa pun. Aamiin. Kedua, Saya atas nama ketua panitia, izin untuk menyampaikan sedikit kata sambutan.

Pada hari yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak/Ibu dan saudara saudari sekalian karena telah meluangkan waktu untuk hadir di acara ini.

Tujuan acara Halalbihalal ini selain untuk bermaaf-maafan, juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi. Ketiga, pada acara Halalbihalal ini kita akan mendapat tausiyah dari Ustadz atau Ustadzah (…) Demikianlah kata sambutan yang dapat saya sampaikan pada hari ini.

Mohon maaf jika ada ucapan saya yang kurang berkenan dan mohon maaf jika dalam acara ini terdapat banyak kekurangan karena inilah batas kemampuan kami.

Akhirul kalam, wabilahitaufik walhidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Teks Pidato Halalbihalal Keempat


Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi rabbil alamin, Wabihi nasta'in ala 'umuriddunya waddin, Wassalatu wassalamu ala asrofil anbiya iwal mursalin wa ala aalihi wasohbihi ajma'in, amma ba'du.

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA ...
Yang terhormat Bapak dan Ibu staf dewan guru,
Yang kami muliakan Ustadz ...
Serta teman-teman yang saya cintai.

Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Pidato

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, karunia, serta nikmat-Nya yang tak pernah bisa kita hitung sehingga pada hari ini kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri acara Halalbihalal.

Shalawat dan salam kita semoga selalu tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad saw. beserta keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Bapak, ibu dan teman-temanku sekalian,

Pada hari yang berbahagia ini, izinkan saya selaku ketua panitia untuk menyampaikan beberapa kata. Yang pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua hadirin yang telah bersedia hadir ke acara yang sederhana ini. Acara ini dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi di lingkungan SMA ... ini.

Pada kesempatan ini pula hendaknya kita saling bermaaf-maafan karena saling maaf dan memaafkan adalah hal yang mulia. Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas kerja keras dan waktunya demi terselenggaranya acara ini.

Semoga Allah Swt membalas setiap tenaga, waktu, dan pikiran yang tercurah dengan pahala yang berlimpah dan tak lupa pula ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk kepentingan acara ini.

Semoga Allah Swt. senantiasa menjadikan hal tersebut menjadi pahala yang berlipat ganda. Acara hari ini juga akan diisi dengan tausiah dari Ustaz ... .

Semoga apa yang beliau sampaikan pada hari dapat bermanfaat bagi kehidupan kita semua. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Mohon maaf jika ada salah dalam perbuatan dan ucapan saya kali ini, kepada Allah Swt. saya mohon ampun.

Wabillahi taufiq wal hidayah,. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Teks Pidato Halalbihalal Kelima


Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wa bihi nasta'in ‘ala umuriddunya waddin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala alihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul di acara Halal Bihalal kali ini.

Semoga acara pada (pagi, siang, malam) ini dapat terlaksana tanpa ada suatu halangan apapun. Aamiin. Saudara dan hadirin yang saya hormati. Atas nama pimpinan (……), kami mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat bapak Kyai (…….) yang sudah berkenan hadir di (…..), dan kami juga berharap nanti beliau sudi memberikan pembelajaran kepada kita semua.

Tidak lupa, kami juga menyampaikan terima kasih kepada bapak (…..) yang telah menyediakan tempat demi terlaksananya acara Halal Bihalal ini, mudah-mudahan amal baik beliau mendapatkan balasan dari Allah swt. Aamiin.

Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua anggota yang telah menghadiri Halal Bihalal ini, semoga kebersamaan kita dapat terus terbina, ditingkatkan, serta silaturahmi masih tetap bisa berjalan dengan baik.

Di waktu dan tempat istimewa ini, saya mewakili panitia acara mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin, minal aidzin wal faidzin.

Terakhir, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan Halal Bihalal ini, semoga semua dicatat Allah SWT sebagai amal salih, amiin ya rabbal ‘alamin.

Demikianlah, kiranya sambutan Halalbihalal yang perlu saya sampaikan, atas segala kekhilafan dan kurang lebihnya, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Demikian lima contoh teks naskah pidato halalbihalal untuk merayakan Idul Fitri. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0866 seconds (0.1#10.140)