6 Tips Lolos Beasiswa Indonesia Maju, Berkas Wajib Lengkap hingga Mahir Bikin Essay

Senin, 06 Mei 2024 - 12:42 WIB
loading...
6 Tips Lolos Beasiswa Indonesia Maju, Berkas Wajib Lengkap hingga Mahir Bikin Essay
Salah satu tips untuk lolos Beasiswa Indonesia Maju (BIM) adalah dengan mempersiapkan administrasi secara lengkap sesuai aturan yang tertulis dalam buku panduan beasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah tips agar lolos Beasiswa Indonesia Maju (BIM) . Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyediakan Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Beasiswa ini cocok sebagai persiapan bagi siswa SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kampus luar maupun dalam negeri. Beasiswa ini tergolong banyak peminatnya sehingga untuk lolos perlu strategi yang tepat. Artikel kali ini akan membahas, sejumlah tips agar lolos BMI, simak ya!

Tips Agar Lolos Beasiswa Indonesia Maju


1. Harus mempersiapkan administrasi secara lengkap sesuai aturan yang tertulis dalam buku panduan beasiswa unggulan.


Misalnya kita harus mempersiapkan surat keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang kita pilih juga sebaiknya perguruan tinggi dengan akreditasi A, karena menjadi salah satu poin penilaian.

2. Sebaiknya sudah memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/non akademik tingkat internasional dan/atau nasional.

Untuk itu, di masa sekolah sebaiknya kita banyak mengikuti perlombaan baik nasional maupun internasional, karena hal ini menjadi poin penilaian dalam beasiswa unggulan, misalnya kita mengikuti lomba Olimpiade Sains dan berbagai perlombaan lainnya.

3. Memiliki kemampuan dalam segi berbahasa baik dari segi Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang ditunjukan dengan sertifikat kemampuan berbahasa kita.

Pilihlah lembaga yang kredibel dalam memberikan sertifikat berbahasa misalnya dengan mengikuti tes IELTS atau TOEFL, sehingga kita memiliki nilai lebih dibandingkan dengan pendaftar beasiswa lainnya.

4. Mempersiapkan diri membuat Essay yang Menarik

Selain itu dalam seleksi administrasi beasiswa unggulan nanti akan diminta mengirimkan karya tulis berupa essay/karangan menggunakan Bahasa Indonesia.

Sebaiknya dalam essay tersebut kita dapat menceritakan hal-hal yang dapat menjadi kontribusi kita sebagai Bangsa Indonesia seandainya kita lolos Beasiswa unggulan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)