7 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Jika Ingin Kerja di Luar Negeri

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:53 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Jika Ingin Kerja di Luar Negeri
Ini rekomendasi 7 jurusan kuliah yang dibutuhkan jika ingin bekerja di luar negeri. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Ini rekomendasi tujuh jurusan kuliah yang dibutuhkan jika ingin bekerja di luar negeri. Jurusan ini mempunyai peluang kerja bagus dengan gaji tinggi.

Bagi Anda yang ingin kuliah di perguruan tinggi luar negeri, pertimbangannya bukan sekadar memilih kampus dan negara mana yang terbaik namun juga apa jurusan kuliah yang tepat.

Baca juga: Jangan Sembarangan Pilih Prodi! Ini 16Jurusan dengan Lulusan Mudah Terserap Dunia Kerja

Apalagi jika mimpi kalian itu setelah lulus memilih untuk mencari nafkah di negeri orang maka ada baiknya mencari jurusan kuliah yang membuka peluang lebih banyak bagi orang asing.

Dikutip dari laman Wallstreet English, berikut ini rekomendasi 7 jurusan kuliah yang dibutuhkan jika ingin bekerja di luar negeri.

7 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Jika Ingin Kerja di Luar Negeri

1. Hubungan Internasional


Salah satu pekerjaan yang menjadi banyak pilihan di luar negeri adalah diplomat kantor perwakilan Indonesia di seluruh dunia.

Indonesia pun memiliki ratusan kantor perwakilan, seperti kedutaan besar RI, konsulat jenderal RI, konsulat RI, hingga perutusan tetap RI.

Jurusan Hubungan Internasional ini yang cocok untuk menjadi diplomat dan merintis karier di kantor perwakilan Indonesia di seluruh dunia.

2. Perawat


Pekerjaan sebagai perawat, sangat terkenal di luar negeri khususnya di negara Jepang, Australia dan Amerika. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mendulang penghasilan yang lumayan serta kesejahteraan dari pemerintah negara tersebut.

3. Farmasi


Terkadang, jurusan ini selalu diremehkan di Indonesia pada kenyataannya jurusan farmasi setara dengan jurusan kedokteran. Kalian yang ingin merantau ke luar negeri bisa mendapatkan gaji yang sangat besar jika bekerja di perusahaan farmasi top dunia.

4. Teknik Sipil


Pekerjaan sebagai Teknik Sipil akan selalu dibutuhkan di negara mana pun, seperti di negara Korea, Jepang dan Jerman.

Baca juga: Bikin Bangga, Ini 5 Universitas Top Dunia yang Memiliki Jurusan Kuliah Bahasa Indonesia

Kalian juga dapat menikmati berbagai ilmu tentang dunia teknik jika kamu menekuni pekerjaan di bidang ini di negara-negara yang perkembangan infrastrukturnya sudah pesat.

5. Bahasa Indonesia


Bahasa Indonesia semakin diminati di luar negeri bahkan banyak kampus yang membuka jurusan Bahasa Indonesia.

Kamu dapat menjadi pengajar dan penerjemah bahasa Indonesia jika kamu bekerja di luar negeri. Apalagi di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Australia. Penghasilan yang dapat kamu dapatkan juga cukup tinggi.

6. Tata Busana


Jurusan ini sangat dibutuhkan di luar negeri, apalagi sebagai seorang desainer. Di dalam negeri, pekerjaan dari jurusan ini sering dianggap remeh namun tidak di negara seperti Amerika, Prancis dan Jepang. Kamu akan dibayar dengan gaji yang lebih tinggi dari seorang desainer!

7. Jurnalistik


Bagi Anda yang memiliki rasa ingin tahu tinggi dan mempunyai kemampuan menulis yang baik, jurusan yang bisa membawa kalian ke luar negeri lainnya adalah jurnalistik.

Setelah lulus dan meraih gelar sarjana atau master dalam jurnalisme kalian bisa melamar menjadi di perusahaan media internasional hingga menjadi kontributor.

Demikian tujuh jurusan kuliah yang dibutuhkan jika mau kerja di luar negeri. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4828 seconds (0.1#10.140)