Ditjen Pendidikan Vokasi Kolaborasi Siapkan Beasiswa untuk Talenta Digital Perempuan

Jum'at, 10 Mei 2024 - 15:55 WIB
loading...
Ditjen Pendidikan Vokasi Kolaborasi Siapkan Beasiswa untuk Talenta Digital Perempuan
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati pada acara Perempuan Inovasi 2024. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Partisipasi perempuan di bidang teknologi perlu menjadi perhatian. Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek pun berkolaborasi untuk mempersiapkan talenta digital perempuan vokasi.

Bekerja sama dengan Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), Ditjen Pendidikan vokasi menyiapkan beasiswa pelatihan keterampilan digital untuk peserta didik vokasi melalui program Perempuan Inovasi 2024.

Melalui program Perempuan Inovasi 2024, para perempuan yang sedang atau telah menempuh pendidikan vokasi diberikan kesempatan yang lebih besar untuk terlibat dalam pelatihan keterampilan digital yang relevan. Peserta didik vokasi dapat mengembangkan keterampilan digital baik tingkat dasar maupun lanjutan sehingga nantinya mereka dapat terlibat secara aktif dalam industri teknologi.

Baca juga: Kemendikbudristek Dukung Kemitraan Strategis Pendidikan Vokasi dengan Industri

Dirjen Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati mengatakan, Perempuan Inovasi 2024 merupakan salah satu program yang dibutuhkan untuk mendorong keterlibatan lebih banyak peserta didik perempuan dari dunia vokasi khususnya di bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM).

“Materi-materi yang diajarkan dalam pelatihan di program Perempuan Inovasi kami rasa sesuai dengan kebutuhan anak-anak vokasi untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan tren pekerjaan masa depan,” ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (10/5/2024).

Menurut Kiki, seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi menuntut pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan penguasaan teknologi yang tinggi agar mampu menghadapi laju perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar kerja di era revolusi industri 4.0.

Baca juga: Antisipasi Perubahan iklim, Program API Sarpras PTV Sasar 12 Perguruan Tinggi Vokasi

“Karena itulah kami sangat antusias dalam kerja sama ini. Kerja sama dengan Markoding melalui Program Perempuan Inovasi 2024 sangat strategis untuk menyiapkan lulusan-lulusan vokasi dengan kompetensi tinggi di bidang teknologi,” katanya.

Pendiri dan CEO Markoding, Amanda Simandjuntak, mengatakan bahwa kerja sama dengan Direktorat Jenderal pendidikan vokasi merupakan kerja sama eksklusif. Hal ini dikarenakan Ditjen Pendidikan Vokasi memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja sehingga generasi muda dapat bersaing dan terus mengembangkan diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)