Gagal SNBP dan SNBT? 5 PTN Ini Buka Jalur Mandiri Tanpa Tes yang Bisa Dicoba

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:19 WIB
loading...
Gagal SNBP dan SNBT?...
Universitas Negeri Yogakarta (UNY) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi dengan nilai rapor dan prestasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 5 PTN yang membuka jalur mandiri dengan nilai rapor dan prestasi. Kamu gagal di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024? Jangan bersedih, banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang saat ini membuka jalur Mandiri.

Bahkan sejumlah PTN membuka jalur Mandiri tanpa tes. Kampus mana saja? Artikel kali ini akan membahas 5 PTN yang membuka jalur Mandiri tanpa tes, simak ya!

Daftar PTN yang Buka Seleksi Jalur Nilai Rapor dan Prestasi


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Dilansir dari laman resmi UGM disebutkan bahwa Pencarian Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) UGM merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sesuai program studi yang dipilih.

Tingkat kejuaraan yang diakui adalah kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan.

Juara pada kejuaraan beregu harus dibuktikan dengan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota tim saat pelaksanaan lomba. Syarat khusus untuk klastek Iptek direkomendasikan oleh sekolah dan termasuk 25 persen siswa terbaik di kelasnya.

Adapun untuk klaster olahraga dan seni siswa yang direkomendasikan oleh sekolah sebanyak 50 persen siswa terbaik di kelasnya atau 60 persen siswa terbaik di kelasnya untuk juara 1 dan/atau juara 2 nasional serta juara 1, 2, 3, 4, dan 5 pada kejuaraan olahraga internasional.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


UNY punya jalur masuk yang seleksinya berdasarkan nilai rapor akademik, yakni seleksi mandiri (SM) prestasi akademik UNY. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik untuk berkuliah di UNY.

Melalui jalur ini, siswa dapat memilih dua program studi di UNY. SM Prestasi akademik UNY mewajibkan calon mahasiswa untuk menyertakan rapor semester 1-5. Pendaftaran telah dibuka mulai 01 April 2024 hingga 04 Juli 2024.

Berikut persyaratan selengkapnya:

1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat dan lulusan Paket C Tahun 2022, 2023, atau 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024)

2. Peserta mengunggah bukti kelulusan berupa Ijazah atau SKL atau Surat Keterangan Kelas XII

3. Wajib memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)