Kenaikan UKT Bukan Hanya Dialami Mahasiswa PTN BH tapi Juga PTN BLU

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:48 WIB
loading...
Kenaikan UKT Bukan Hanya...
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih menyatakan kenaikan UKT bukan hanya dialami mahasiswa PTN BH tetapi juga PTN BLU. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI , Abdul Fikri Faqih menyatakan kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) bukan hanya dialami mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Menurutnya, Perguruan Tinggi Badan Layanan Usaha (PTN BLU) juga mengalami hal yang sama.

Hal itu ia ketahui saat menerima aduan dari mahasiswa beberapa waktu yang lalu soal naiknya UKT yang dinilai tidak wajar. "Semula kan karena ini (UKT naik) asumsinya karena menjadi PTN BH, ternyata yang datang teman-teman adik-adik mahasiswa ini tidak hanya PTN BH, yang belum PTN BH pun UKT-nya naik," kata Abdul Fikri dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk Nanti Kita Cerita Tentang UKT Hari ini, di Jakarta, Sabtu (18/5/2024).



Dalam kesempatan bertemu dengan mahasiswa, Abdul menyatakan dirinya kaget dengan jumlah kenaikan UKT. "Naiknya dari Rp2,5 juta menjadu Rp10 juta, dari Rp4 juta menjadi Rp14 juta sekian juta dan sebagainya, 3 kali lipat dan sebagainya," ujarnya.

Merespons hal itu, Abdul Fikri menyatakan pihaknya akan memanggil pihak Kemendikbudristek agar menjelaskan bagaimana teknis Permendikburistek Nomor 2 Tahun 2024.

"Karena menurut Permendikbud 2/2024 itu kan harus berkonsultasi dan bahkan dapat persetujuan/approval itu dari Kemendikbudristek, jangan-jangan standar yang sudah ditentukan tidak di penuhi," ucapnya.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)