Mau Tekuni Profesi Guru? Ini 7 Universitas Jurusan Pendidikan Terbaik di Indonesia Versi The WUR 2024

Jum'at, 24 Mei 2024 - 13:12 WIB
loading...
Mau Tekuni Profesi Guru? Ini 7 Universitas Jurusan Pendidikan Terbaik di Indonesia Versi The WUR 2024
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ditahbiskan sebagai universitas dengan jurusan kependidikan terbaik di Indonesia versi lembaga THE WUR 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 universitas dengan jurusan pendidikan terbaik di Indonesia versi THE WUR 2024. Jurusan pendidikan di perguruan tinggi selama ini memang tak sementereng jurusan non kependidikan. Meski demikian bukan berarti prospek kerja lulusan kependidikan bisa disepelekan.

Saat ini ada banyak universitas dengan jurusan kependidikan. Saking banyaknya, tidak mudah bagi kamu untuk memilih mana kampus jurusan kependidikan terbaik. Sebagai salah satu referensi, daftar peringkat lembaga dunia Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) 2024 bisa dijadikan acuan. Artikel kali ini akan membahas daftar 7 universitas dengan jurusan kependidikan terbaik di Indonesia versi THE WUR 2024, simak ya!

7 Universitas dengan Jurusan Kependidikan Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2024


1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Ranking THE WUR 2024: 301-400

2. Universitas Negeri Malang (UNM)


Ranking THE WUR 2024: 301-400

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Ranking THE WUR 2024: 401-500

4. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)


Ranking THE WUR 2024: 501-600

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Ranking THE WUR 2024: 501-600

6. Universitas Syiah Kuala


Ranking THE WUR 2024: 501-600

7. Universitas Jember (Unej)


Ranking THE WUR 2024: 600+


Prospek Kerja Lulusan Sarjana Pendidikan di Indonesia


1. Dosen


Dosen adalah tenaga pendidik profesional yang bekerja di perguruan tinggi dan disebut juga sebagai ilmuwan karena ilmu yang dimilikinya. Tugas utama seorang dosen adalah mengembangkan serta menyebarkan ilmu pengetahuan melalui tri dharma pendidikan tinggi.

Tidak hanya itu, dosen juga diharapkan untuk terus melakukan penelitian di bidang keahliannya dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa.

2. Content Creator


Saat ini posisi content creator tidak hanya diisi oleh para lulusan bidang kreatif saja. Banyak sekali tenaga pendidik yang juga mulai memanfaatkan media sosial untuk membuat konten video pembelajaran sekolah yang interaktif.

Video pembelajaran yang dibuat pun bisa menjadi sarana menyalurkan ilmu yang didapatkan dari bangku perguruan tinggi. Sehingga konten yang dibuat pun bermanfaat bagi masyarakat.

3. Relawan Pendidikan


Lulusan sarjana pendidikan yang senang dengan aktivitas sosial dan berjiwa petualang bisa menjadi relawan pendidikan di daerah terpencil. Saat ini terdapat program yang bisa diikuti seperti Indonesia Mengajar dan SM3T.

4. Konselor Pendidikan


Menentukan jenjang dan jenis sekolah sesuai minat dan bakat bukanlah hal yang mudah karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu, dibutuhkan seorang konselor pendidikan yang paham dengan karakter, minat, dan bakat anak.

5. Radio Announcer


Lulusan sarjana pendidikan bisa menjadi radio announcer yang membawakan acara atau program yang edukatif. Tentu para penyandang gelar S.Pd juga memiliki peluang besar untuk mencerdaskan pendengar dengan ilmu yang disampaikan.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)
pixels