Mahasiswa Asal Ciamis Ini Jadi Orang RI Pertama yang Menerima Penghargaan dari Columbia University

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:39 WIB
loading...
Mahasiswa Asal Ciamis Ini Jadi Orang RI Pertama yang Menerima Penghargaan dari Columbia University
Deris Nagara, mahasiswa Indonesia asal Ciamis yang menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Campbell Award Columbia University 2024. Foto/Instagram @derisnagara.
A A A
JAKARTA - Deris Nagara adalah mahasiswa Indonesia pertama yang meraih penghargaan Campbell Award Columbia University 2024. Kenali sosoknya yang menginspirasi banyak orang.

Pemilik nama asli Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara ini lahir di Ciamis , Jawa Barat. Di tengah keluarganya, dia adalah generasi pertama yang bisa kuliah sampai S2, mendapatkan penghargaan, juga memberikan pidato di kampus top dunia.

Lahir dari Keluarga Sederhana dengan Tekad Luar Biasa


Deris memang lahir dari keluarga sederhana. Namun cita-cita dan tekadnya sungguh luar biasa. Perjalananya bisa kuliah di luar negeri di awali di jenjang SMP dengan ikut pertukaran pelajar ke sekolah di Malaysia.

Baca juga: Kisah Zachra Pradipta, Diaspora Muda Indonesia yang Sukses Jadi Lead Designer di Amazon Alexa

Deris pun kembali ikut pertukaran pelajar ke sekolah di Australia pada saat berseragam putih abu-abu. Ia pun mendapat pengalaman berharga dengan merasakan sekolah di luar negeri ini.

Deris pun lulus SMA dan ingin menjadi mahasiswa kedokteran. Sayangnya ia gagal masuk Universitas Padjadjaran (Unpad) jalur SNMPTN (kini SNBP) dan Universitas Indonesia (UI) jalur SIMAK.

Hingga akhirnya ia berlabuh ke President University dan lulus dengan predikat Cum laude. Deris lalu mendapatkan beasiswa LPDP ke Columbia University untuk kuliah S2.

Di kampus terbaik dunia yang berada di Amerika Serikat itu, Deris bahkan didapuk menjadi Ketua BEM hingga diberi kesempatan memberikan pidato wisuda pada 15 Mei 2024 lalu.

Penerima Campbell Award Columbia University


Tak hanya itu, Deris pun menjadi warga Indonesia pertama yang menerima penghargaan Campbell Award Columbia University 2024. Dikutip dari Instagram Schoters, berikut ini kisahnya.

Baca juga: Prestasi Mahasiswa Kembar Fikri-Fiqi di Universitas Rusia Bikin Bangga Warga Pandeglang

Deris membuktikan saat menempuh pendidikan di kampus tempat mantan presiden AS Barack Obama kuliah ini, tidak hanya aktif di dunia akademik namun juga organisasi internasional untuk mewakili Indonesia sampai mendapat Campbell Award.

Campbell Award merupakan penghargaan yang diberikan untuk mengapresiasi siswa yang membangun semangat dan menunjukkan teladan leadership yang luar biasa di Columbia University.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)
pixels