Wisuda UMJ ke-79, Pesan Menko PMK kepada Wisudawan: Jaga Nama Baik Almamater

Jum'at, 31 Mei 2024 - 09:34 WIB
loading...
Wisuda UMJ ke-79, Pesan Menko PMK kepada Wisudawan: Jaga Nama Baik Almamater
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi di Wisuda UMJ ke-79. Foto/UMJ.
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar Wisuda UMJ ke-79 dengan meluluskan 1.3406 wisudawan. Hadir dalam kesempatan ini Menko PMK Muhadjir Effendy.

Kepada para wisudawan, Muhadjir memberi pesan untuk menjaga nama baik almamater. Dia mengatakan, hal ini penting karena UMJ sebagai kampus tertua di antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dapat diartikan sebagai rahim kedua bagi para wisudawan, setelah yang pertama, adalah orang tua yang melahirkan para wisudawan.

“Maka kecintaan dan kesyukuran kepada UMJ, harus setara dengan kecintaan kepada orang tua khususnya ibu. Bentuk syukur ke UMJ adalah dengan menjaga nama baik UMJ. Jangan sampai mencederai almamater setelah lulus,” ungkap Muhadjir, melalui siaran pers, Jumat (31/5/2024).

Baca juga: Ratusan Mahasiswa-Dosen UMJ Gelar Aksi Bela Palestina, Kecam Kebiadaban Israel

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan ini mengapresiasi predikat unggul yang telah diraih UMJ. Ia mengingatkan keunggulan UMJ tidak hanya bangunan yang megah maupun para pimpinan, tetapi tampilan para alumninya.

“Kalau kita bisa memberikan pesan positif maka orang juga akan menilai positif UMJ,” ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini.

Muhadjir menekankan kepada para lulusan agar tidak takut membuat langkah yang kelihatannya ganjil dengan suasana yang tidak pasti ini. Apabila berpegang teguh kepada Mars UMJ, menjadi cendekiawan berakhlak mulia pasti akan menemukan kejayaan.

Baca juga: Aksi Bela Palestina 172 Universitas Muhammadiyah Bentuk Keprihatinan Terhadap Kampus di Indonesia

“Ini bukan akhir, tetapi awal kalian memasuki realita sesungguhnya. Saya yakin para lulusan memiliki wajah yang menjanjikan dan optimis. Mudah-mudahan Allah SWT. selalu menyertai saudara semuanya,” harap Muhadjir.

Dalam momen wisuda ini, istri Menko PMK Suryan Widati juga menjadi salah satu wisudawan UMJ. Ia meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dengan predikat cumlaude di Sekolah Pascasarjana (SPs) UMJ.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris PP Muhammadiyah sekaligus Ketua BPH UMJ Prof. Dr. Abdul Mu’ti juga mengingatkan para wisudawan untuk selalu bersyukur atas pencapaian yang telah diukir. Pasalnya, dengan ijazah dari kampus berpredikat unggul seperti UMJ, para lulusan tidak perlu menunggu lama terjun di dunia kerja.

UMJ melaksanakan wisuda program Sarjana ke-79, Program Magister ke-48, Program Doktor ke-10, Spesialis ke-5, dan Diploma Tiga dalam dua sesi dan menghasilkan lulusan Program Doktor 12 orang, Magister 148 orang, Program Spesialis 41 orang, Sarjana Strata Satu 1.101 orang, dan Program Diploma Tiga 4 orang.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)
pixels