Cegah Kekerasan Seksual di Kampus, Unsada Bentuk Satgas PPKS

Sabtu, 01 Juni 2024 - 21:59 WIB
loading...
Cegah Kekerasan Seksual di Kampus, Unsada Bentuk Satgas PPKS
Talkshow dan meet and greet film terbaru Rudi Sudjarwo Saat Menghadap Tuhan di kampus Unsada. Foto/Unsada.
A A A
JAKARTA - Universitas Darma Persada (Unsada) resmi membentuk Satuan Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS). Kehadiran satgas ini diiringi dengan meet and greet film terbaru Rudi Sudjarwo Saat Menghadap Tuhan.

Rektor Unsada Agus Salim Dasuki saat memberikan sambutan menceritakan betapa pentingnya bagi Unsada untuk memiliki tim Satgas PPKS agar bisa menciptakan lingkungan belajar yang aman dan saling menghormati di kampus.

Baca juga: KemenPPPA Dampingi UMKM Perempuan Penyintas Kekerasan Seksual

Dengan diresmikannya tim Satgas PPKS Unsada, maka setiap mahasiswa bisa mempunyai tempat mengadu apabila ada hal-hal yang tidak berkenan yang terjadi dalam proses belajar maupun dalam lingkungan kampus.

“Sudah menjadi tanggung jawab kami dan merupakan hal yang penting untuk menciptakan “Our Campus Our Safe Zone” ujar rektor, dalam keterangan resmi, Sabtu (1/6/2024).

Diketahui, pembentukan Satgas PPKS di perguruan tinggi seiring dengan diterbitkannya Permendikbudristek No 30 Tahun 2021 tentang PPKS. Pembentukan Satgas PPKS di PTN dan PTS diharapkan dapat mencegah dan menangani kekerasan seksual secara lebih intensif dan komprehensif.

Sementara pada talkshow dan meet and greet film Saat Menghadap Tuhan hadir juga sutradara Rudi Sudjarwo. Film yang akan segera tayang di XXI seluruh Indonesia berkisah soal perundungan pada remaja, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pelecehan seksual, trauma masa kecil, hingga self-love.

Selanjutnya, pada sesi sharing, Rudi Sudjarwo yang memiliki empat anak merasakan ketakutan dan kekhawatiran terkait pola asuh yang telah dilakukan untuk mencegah anak-anak menjadi korban maupun pelaku perundungan.

Pada kasus yang telah ada, tidak ada pihak baik itu orang tua maupun sekolah yang mau disalahkan hingga pada akhirnya anak-anak kita yang menjadi korban.

Orang tua bertanggung jawab terhadap karakter yang dibentuk pada anak-anak dan ini nantinya akan dipertanggung jawabakan saat menghadap Tuhan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)
pixels