Berapa Passing Grade Sekolah Kedinasan 2024? Cek Bocorannya

Selasa, 04 Juni 2024 - 13:20 WIB
loading...
Berapa Passing Grade Sekolah Kedinasan 2024? Cek Bocorannya
Salah satu tahap seleksi yang paling menentukan saat mendaftar Sekolah Kedinasan adalah SKD di mana di tahap ini passing grade sangat menentukan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini passing grade Sekolah Kedinasan 2024. Salah satu tahap seleksi yang paling menentukan saat mendaftar Sekolah Kedinasan adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Oleh karena itu, penting bagi calon siswa untuk mengetahui berapa passing grade yang harus dicapai pada SKD tahun 2024.

Secara sederhana passing grade merupakan batas nilai yang wajib dipenuhi peserta ujian agar dapat lanjut ke tahap selanjutnya. Artikel kali ini akan membahas passing grade Sekolah Kedinasan 2024, simak ya!

Passing Grade untuk SKD Sekolah Kedinasan 2024


- TKP (Tes Karakteristik Pribadi) : 156

- TIU (Tes Intelegensia Umum) : 80

- TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) : 65

Aturan Khusus dan Afirmasi


Ada aturan khusus bagi peserta dari daerah tertentu yang mendapatkan afirmasi. Afirmasi ini diajukan oleh kementerian atau lembaga penyelenggara sekolah kedinasan dan harus disetujui oleh menteri. Untuk peserta afirmasi, nilai kumulatif SKD minimal adalah 281 dengan nilai TIU minimal 55.


Pentingnya Passing Grade


Passing grade adalah nilai ambang batas minimal yang harus dicapai oleh peserta seleksi untuk dinyatakan lulus pada tahap tertentu. Untuk sekolah kedinasan, passing grade ini ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan menjadi acuan penting bagi calon siswa.

Mengapa ini penting? Karena nilai SKD yang tinggi membuka peluang lebih besar untuk melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Struktur SKD dan Bobot Nilainya


SKD terdiri dari tiga materi utama: Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Masing-masing tes memiliki bobot penilaian yang berbeda. Menurut Keputusan MenPANRB Nomor 144 Tahun 2024, berikut adalah pembobotan nilai untuk masing-masing materi:

- TKP: Bobot jawaban benar bernilai paling rendah 1 dan paling tinggi 5. Tidak menjawab bernilai 0.

- TIU dan TWK: Bobot jawaban benar adalah 5, sementara jawaban salah atau tidak menjawab bernilai 0.

Passing Grade SKD 2024


Berdasarkan keputusan tersebut, nilai kumulatif tertinggi yang bisa dicapai adalah 550 dengan rincian sebagai berikut:

- 225 untuk TKP

- 175 untuk TIU
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2585 seconds (0.1#10.140)
pixels