6 Jurusan Kuliah Favorit Gen Z Indonesia, dari Teknik Industri hingga Kedokteran

Rabu, 05 Juni 2024 - 14:31 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah Favorit Gen Z Indonesia, dari Teknik Industri hingga Kedokteran
Jurusan kuliah yang disukai Gen Z pada umumnya adalah yang mampu memberikan prospek masa depan yang cerah. Foto/Untar.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang disukai oleh Gen Z pada umumnya adalah yang mampu memberikan prospek masa depan yang cerah di era semakin berkembang pesatnya teknologi. Karena itulah tak heran jika generasi ini banyak memilih jurusan yang berkaitan dengan teknologi.

Gen Z adalah generasi yang lahir di antara tahun 1997 hingga 2012. Pada tahun tersebut, masa remaja dan dewasa mereka sudah dipastikan akan menghadapi era industri 4.0 yang dikenal dengan cyber physical system, serta menuju era society 5.0 yang diperkirakan sebentar lagi akan datang.

Baca juga: Matematika Jurusan yang Bikin Pusing? Ini 7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusannya

Pada era-era modern saat ini mulai banyak perusahaan yang membutuhkan ahli dalam bidang teknologi. Meski begitu, pilihan favorit gen z tetap terpetakan menjadi beberapa bagian dan tidak hanya di bidang teknologi saja.

6 Jurusan Kuliah Favorit Gen Z Indonesia

1. Teknik Industri


Jurusan kuliah favorit gen z yang pertama ini adalah bidang ilmu yang menjadi jembatan penghubung antara kebutuhan manusia dan perkembangan industri. Teknik Industri mempelajari cara mengevaluasi, mendesain, memodifikasi, mengontrol, menguji, serta meningkatkan kinerja suatu sistem produksi.

Baca juga: Lulusan Teknik Mesin Bisa Kerja Apa? Segini Gajinya yang Menjanjikan hingga Dua Digit

Saat ini telah banyak universitas yang menyediakan jurusan Teknik Industri, diantaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh NOvember (ITS), Universitas Indonesia (UI), hingga Universitas Brawijaya (UB).

2. Ilmu Komputer


Jurusan ini mempelajari tentang komputer dan sistem komputasi, mulai dari rekayasa perangkat lunak, pemrograman, artificial intelligence (AI), hingga analisis algoritma.

Sehingga lulusan jurusan ini digadang-gadang akan sangat dibutuhkan di era teknologi saat ini. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini diantaranya, UGM, UI, IPB, hingga Universitas Lampung.

3. Data Science


Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini membuat teknik pengolahan data menjadi penting. Hal ini membuat lulusan data science banyak dibutuhkan oleh industri.

Baca juga: 10 Kampus dengan Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia, Ini Prospek Menjanjikan Lulusannya

Berikut ini sejumlah kampus yang membuka jurusan ini, diantaranya, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Bina Nusantara (BINUS University), Universitas Nusa Mandiri (UNM), hingga Telkom University (Tel-U).

4. Arsitektur


Jurusan Arsitektur mengajarkan mahasiswanya tentang perencanaan, pemrograman dan desain, teknologi bangunan, manajemen proyek, manajemen properti, desain interior, serta penguasaan teknologi informasi.

Lulusan jurusan ini terbilang punya prospek yang bagus, karena bisa menjadi konsultan, developer, hingga kontraktor. Telah banyak juga kampus yang membuka jurusan ini, mulai dari UGM hingga Binus University.

5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)


Prodi yang mempersiapkan guru sekolah dasar ini juga jadi salah satu pilihan favorit gen z. Para lulusan PGSD sudah dipastikan menguasai berbagai mata pelajaran Sekolah Dasar, mulai dari Matematika, hingga kesenian.

Selain pemahaman akademis, mahasiswa juga dibekali kemampuan untuk mempelajari karakter serta pengembangan kepribadian siswa, seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial.

6. Kedokteran


Jurusan Kedokteran memang sudah jadi salah satu jurusan yang banyak diincar dalam berbagai generasi karena selalu menawarkan prospek yang cemerlang di masa depan. Seorang dokter juga terbilang memiliki pendapatan yang cukup tinggi di Indonesia.

Tak heran jika sampai saat ini jurusan kedokteran masih sangat diminati. Terlebih kini ilmu kesehatan jadi salah satu prodi yang lulusannya banyak dibutuhkan.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6446 seconds (0.1#10.140)
pixels