Perkenalkan Prodi Teknik Perkapalan! Ini Pilihan Kampus dan Prospek Kerja Lulusannya

Kamis, 06 Juni 2024 - 13:34 WIB
loading...
Perkenalkan Prodi Teknik...
Prodi teknik perkapalan adalah program studi yang mengutamakan pendidikan di bidang perancangan kapal, proses produksi kapal, kegiatan perbaikan kapal, instalasi permesinan kapal, dan peraturan-peraturan kemaritiman. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi mengenai prodi Teknik Perkapalan mulai dari mata kuliah, kampus terbaiknya hingga prospek kerja lulusannya yang perlu diketahui.

Program studi (Prodi) Teknik Perkapalan memang belum begitu familiar di dunia pendidikan tinggi Indonesia. Meski demikian, saat ini jurusan Teknik Perkapalan lambat laun mulai diperhitungkan di dunia modern seiring kemajuan di bidang transportasi laut. Artikel kali ini akan membahas seputar jurusan Teknik Perkapalan di Indonesia, simak ya!

Mengenal Program Studi Teknik Perkapalan


Dikutip dari laman Universitas Indonesia, program studi teknik perkapalan adalah program studi yang mengutamakan pendidikan di bidang perancangan kapal, proses produksi kapal, kegiatan perbaikan kapal, instalasi permesinan kapal, dan peraturan-peraturan kemaritiman.

Pada program studi ini juga mempelajari pengetahuan dasar dan manajemen pengelolaan galangan kapal. Tapi tak berhenti di situ, pada program studi ini juga mempelajari tentang tekanan yang diberikan dari laut atau perairan.

Ilmu yang Dipelajari Prodi Teknik Perkapalan


Prodi Teknik Perkapalan mempelajari sistem perkapalan dan hal-hal yang berkaitan dengan kapal, terutama listrik dan perpipaan. Manajemen dan produksi kapal yang dipelajari dari sisi teoritis maupun teknologi.

Hidrodinamika atau ilmu tentang gerakan cairan dan gaya bekerja benda padat dalam cairan. Materi ini penting untuk dipelajari mengingat mesin kapal beroperasi di lautan luas dengan ombak yang besar. Konstruksi dan kekuatan kapal yang ditinjau dari segi desain maupun ukuran kekuatannya.



Memilih program studi Teknik Perkapalan terdapat sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh. Seperti yang kita tahu, bahwa Indonesia adalah negara maritim yang membutuhkan banyak tenaga ahli dalam bidang kelautan, khususnya perkapalan.

Bagi penyuka teknik, khususnya perbaikan mesin, perancangan mesin, dan pengujian mesin, program studi ini cocok untukmu. Ditambah, ahli perkapalan memperoleh gaji atau upah yang cukup tinggi.

Kampus di Indonesia yang Buka Prodi Teknik Perkapalan


Berikut ini beberapa pilihan perguruan tinggi dengan program studi teknik perkapalan yang dapat menjadi pilihanmu, dengan urutan ranking lingkup teknik perkapalan versi EduRank.

1. Institut Teknologi Sepuluh November (ke-50 Asia)

2. Universitas Diponegoro (ke-66 Asia)

3. Institut Teknologi Bandung (ke-97 Asia)

4. Universitas Indonesia (ke-104 Asia)

5. Universitas Hasanuddin (ke-140 Asia)

6. Universitas Sebelas Maret (ke-147 Asia)

7. Universitas Sriwijaya (ke-181 Asia)

8. Universitas Gadjah Mada (ke-193 Asia)

9. Universitas Brawijaya (ke-287 Asia)

10. Universitas Negeri Malang (ke-319 Asia)

Prospek Kerja Program Studi Teknik Perkapalan


Mahasiswa lulusan program studi teknik perkapalan memiliki peluang untuk bekerja di bidang berikut ini.

• Industri maritim

• Industri rekayasa

• Industri perkapalan minyak bumi dan gas

• Industri mesin-mesin berat

• Industri automotif

• Birokrasi pemerintahan

• Lembaga penelitian

• Industri transportasi laut

• Industri perikanan

• Industri pertahanan
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)