Bisa Lulus Cum Laude Tanpa Skripsi dan KKN, Ini Sosok Mahasiswa UNY Sahid Ramandhani

Jum'at, 07 Juni 2024 - 15:14 WIB
loading...
A A A
Pengalaman Sahid dan timnya dalam mengikuti kompetisi dimulai dengan mengikuti lomba Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021 di UNS dan keluar sebagai finalis.

Kegigihan warga Margosari, Pengasih, Kulonprogo itu sedikit demi sedikit membuahkan hasil dengan capaian-capaian di perlombaan bidang penalaran. Ia pun makin aktif mengikuti perlombaan lainnya.

Puncaknya adalah ketika kompetisi Jasa Raharja Road Safety Innovation (JR Rovation) tahun 2022 di Jakarta, Sahid dan tim menjadi satu-satunya delegasi dari UNY sebagai finalis dan berhasil menyabet juara 2. Kompetisi tersebut merupakan salah satu kompetisi terbesar yang diikuti oleh Sahid dan timnya.

Selanjutnya Sahid mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan oleh BPTI Puspresnas. Perjuangannya membuahkan medali emas di Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan bersama tim dari Fakultas Teknik dan Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

Baca juga: Cerita Radit, Penyandang Tuna Netra yang Lulus Cum Laude dari Sastra Arab UI

Kemenangan ini kemudian mendapat rekognisi ekuivalensi tugas akhir skripsi dari UNY dan akhirnya bisa lulus dengan waktu studi 3 tahun 5 bulan berpredikat Cum laude tanpa harus mengerjakan skripsi.

Di tengah pelaksanaan kompetisi LIDM Sahid dan tim juga lolos terdanai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Direktorat Belmawa Kemendikbudristek sehingga Sahid dan tim harus membagi waktu karena menjalani 2 kompetisi besar secara bersamaan.

Namun walaupun telah berusaha maksimal dalam mengerjakan PKM, nemun belum berhasil menembus PIMNAS. Meski begitu, capaian ini tetaplah diakui oleh universitas yang mengekuivalensikan dengan KKN. Alhasil Sahid dan rekan timnya tidak perlu mengikuti KKN.

Selain sebagai mahasiswa, Sahid juga aktif sebagai mentor perlombaan di MAN 4 Bantul serta berhasil membawa anak didiknya meraih kejuaraan karya ilmiah serta lolos perlombaan OPSI.

Hebatnya di sela kesibukan kuliah, Sahid juga menjadi pemegang hak cipta beberapa karya seperti Media Self Determination Mat, Karya Ilmiah Smart Safety Lamp and Alarm, Karya Ilmiah Teknologi Sea Water Desalination, dan buku petunjuk Operation And Maintenance Sea Water Desalination.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)