6 Karier Menjanjikan Lulusan Teknik Nuklir di Indonesia, Status Sosial Meningkat

Senin, 10 Juni 2024 - 08:00 WIB
loading...
6 Karier Menjanjikan Lulusan Teknik Nuklir di Indonesia, Status Sosial Meningkat
Di Indonesia, Teknik Nuklir merupakan salah satu jurusan kuliah yang termasuk kategori kurang banyak mendapat prioritas oleh calon mahasiswa.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 karier menjanjikan lulusan jurusan teknik nuklir . Di Indonesia, Teknik Nuklir merupakan salah satu jurusan kuliah yang termasuk kategori kurang banyak mendapat prioritas oleh calon mahasiswa.

Selain materi studi yang menuntut mahasiswa menguasai beragam jenis kecerdasan atomik, bidang profesi dari lulusan Teknik Nuklir disebut-sebut juga memiliki prospek masa depan cerah meski tergolong jurusan langka. Artikel kali ini akan membahas bidang profesi menggiurkan lulusan teknik nuklir, simak ya!

6 Karier Menggiurkan yang Butuh Keahlian Lulusan Teknik Nuklir


1. Perusahaan Perminyakan


Bidang pekerjaan di perusahaan perminyakan sangat membutuhkan individu yang memiliki keilmuan menyangkut termodinamika dan mekanika fluida. Selain di teknik nuklir, ilmu termodinamika dan fluida tidak diajarkan pada jurusan kuliah lain sehingga keahlian tersebut sangat terspesialisasi dan bernilai sangat mahal.

2. Dunia Pertambangan


Jenis profesi selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai pilihan bagi para lulusan teknik nuklir adalahp pertambangan. Peran seorang lulusan teknik nuklir di sektor pertambangan, bukan sekedar menjadi pelengkap akan tetapi sebagai salah satu divisi paling menentukan nasib perusahaan.

3. Perusahaan Energi


Selain itu, seorang mahasiswa lulusan teknik nuklir juga memiliki kesempatan luas untuk bekerja di perusahaan energi.

4. Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan)


Peluang profesi selanjutnya yang sangat terbuka lebar bagi para lulusan teknik nuklir adalah bergabung ke Badan Tenaga Nuklir Nasional atau Batan. Menjadi salah satu bagian dari pekerja pemerintah, lulusan teknik nuklir berkesempatan mendapat berbagai fasilitas serta jaminan di waktu pensiun.

5. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)


Bukan hanya memiliki kesempatan besar di Batan, lulusan teknik nuklir juga berpeluang menjadi bagian dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT.

6. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)


Kesempatan menjadi seorang abdi negara bagi mahasiswa lulusan teknik nuklir juga dapat dilakukan di Badan Riset Inovasi Nasional atau BRIN.

Universitas yang Buka Jurusan Teknik Nuklir


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Perguruan TinggiNegeri (PTN) yang berada di Yogyakarta ini menyediakan JurusanTeknik Nuklirjenjang S1. Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023, jumlah peminat(2022) jurusan ini mencapai 235 calon mahasiswa dengan daya tampung hanya 15 kursi saja.

2. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir- BATAN (STTN BATAN)


Selain UGM, di Yogyakarta juga ada perguruan tinggi yang menyediakan jurusan bidang nuklir. Yakni STTN Batan yang awalnya bernama Pendidikan Tinggi Ahli Teknik Nuklir (PATN) dan didirikan pada tahun 1985 dengan jenjang program Diploma III.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Institut Teknologi Bandung (ITB) juga punya jurusan di bidang nuklir. Jurusan ini dibuka untuk jenjang S3 saja. Termasuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa pascasarjana yang tertarik untuk mempelajari penerapan ilmu rekayasa nuklir.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2991 seconds (0.1#10.140)
pixels