Musim PPDB 2024, Begini 5 Strategi Jitu yang Bisa Dipraktikkan Sebelum Mendaftar

Selasa, 11 Juni 2024 - 10:44 WIB
loading...
Musim PPDB 2024, Begini 5 Strategi Jitu yang Bisa Dipraktikkan Sebelum Mendaftar
Masa PPDB menjadi momen krusial dan menegangkan bagi siswa dan orangtua yang anaknya akan mendaftar. Karena itu dibutuhkan strategi dan tips khusus sebelum mendaftar. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 strategi jitu yang perlu dipraktikkan sebelum mendaftar PPDB 2024 . Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi momen krusial dan menegangkan bagi siswa dan orangtua yang anaknya akan mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, jika proses PPDB berpatokan pada hasil nilai Ujian Nasional, maka sistem PPDB 2024 menggunakan regulasi baru dengan menggunakan 4 jalur, yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali, dan prestasi.

Dirangkum dari berbagai sumber, lalu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar PPDB? Artikel kali ini akan membagikan strategi jitunya, simak ya!

5 Strategi Jitu Sebelum Mendaftar PPDB 2024


1. Cek NISN Sejak Awal


Kendala yang kerap kali ditemukan ialah NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) ganda atau tidak ditemukan. Padahal NISN adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh siswa calon pendaftar PPDB.

Tanpa NISN, proses pendaftaran pada laman pendaftaran tidak dapat dilanjutkan. Hal ini tentu saja akan menjadi kendala saat PPDB berlangsung. Banyak siswa dan orangtua siswa menjadi panik karena masalah NISN ini, dan biasanya NISN yang bermasalah ini baru disadari saat akan melakukan pendaftaran PPDB.

Kendala pada NISN ini bisa dicegah sedini mungkin oleh siswa dan orangtua siswa dengan cara cek secara mandiri NISN masing-masing pada laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Setelah laman tersebut terbuka, selanjutnya masukkan NISN dan masukkan nama ibu kandung pada kolom yang tersedia, lalu ikuti intruksi selanjutnya dan klik cari data.

2. Membaca dan Memahami Junkis


Saat pendaftaran PPDB sangat penting bagi siswa maupun orangtua memahami petunjuk teknis pendaftaran PPDB. Banyak dari mereka yang tidak memahami petunjuk teknis PPDB dengan baik dan benar sehingga hal ini bisa merugikan siswa calon pendaftar.

Jangan mencoba memahami dengan menggunakan pemahaman pribadi, karena apa yang tersirat dalam petunjuk teknis belum tentu sesuai dengan pemahaman pribadi.

Berikut adalah beberapa hal yang akan membantu siswa dan orangtua dalam memahami petunjuk teknis sebagai berikut. Pertama, mencari petunjuk teknis PPDB melalui situs web resmi sekolah atau media sosial resmi sekolah.

Pastikan bahwa laman yang dikunjungi adalah laman resmi dari sekolah yang berakhiran sch.id serta pastikan bahwa media sosial yang kita hubungi adalah media sosial resmi dari sekolah.

Kedua, sekolah menyediakan layanan helpdesk dan aduan. Jika ada hal-hal yang kurang jelas segera tanyakan pada layanan tersebut secara langsungJangan pernah mencoba memahami petunjuk teknis dengan menggunakan pemahaman logika sendiri, karena kadang apa yang tersirat dan kita pahami pada petunjuk teknis belum tentu sesuai dengan apa yang tertera pada petunjuk teknis.


3. Observasi Arsip Hasil Seleksi


Observasi arsip seleksi juga bagian hal penting sebagai persiapan pendaftaran PPDB. Observasi arsip seleksi ini bertujuan untuk melihat batas teratas dan terendah komponen seleksi yaitu jarak untuk jalur pendaftaran zonasi, afirmasi, perpindahan tugas serta nilai/skor bagi jalur pendaftaran prestasi akademik dan non akademik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0857 seconds (0.1#10.140)
pixels