Para Pelajar! Ini Tips dan Trik Jaga Keamanan Privasi dari Ancaman Kejahatan Dunia Maya

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:54 WIB
loading...
A A A
Praktisi IT Ardiansyah menambahkan, selain memberi manfaat, internet juga memiliki dampak negatif seperti perundungan siber, penyalahgunaan data pribadi, penggunaan teknologi secara berlebihan, kontak yang berisiko, konten negatif, juga gangguan mental dan perilaku.

”Tiga cara menjadikan internet tempat aman, yakni: tunjukkan perilaku baik, periksa pengaturan akun dan kata sandi, serta jangan menyebarkan rumor. Pikirkan sebelum menerima sebuah permintaan, mengirim sesuatu, dan sebelum membagikan sesuatu,” jelas Ardiansyah.

Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magetan Irawan, menekankan pentingnya menghindari konten negatif agar aman bermedia digital.

”Agar aman, hindari perundungan siber, ujaran kebencian dan hoaks. Tindakan etis terkait konten negatif, analisis, verifikasi, dan tidak menyebarkan konten negatif. Lebih baik memproduksi konten yang bermanfaat (positif),” katanya

Untuk diketahui, webinar seperti digelar di Magetan ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang dihelat Kemkominfo. GNLD digelar sebagai salah satu upaya untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)
pixels