Para Pelajar! Ini Tips dan Trik Jaga Keamanan Privasi dari Ancaman Kejahatan Dunia Maya

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:54 WIB
loading...
Para Pelajar! Ini Tips dan Trik Jaga Keamanan Privasi dari Ancaman Kejahatan Dunia Maya
Saat ini hampir semua orang termasuk kalangan pelajar memiliki akun pribadi di dunia maya. Perlu tips dan trik khusus untuk menjaga privasi data di dunia maya. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Saat ini hampir semua orang memiliki akun pribadi di dunia maya . Meski merupakan hal privasi namun jaringan digital juga menyimpang sesuatu yang membahayakan. Kenapa? Karena selain server jaringan dipakai bersama, juga tidak ada keamanan 100 persen, serta selalu saja ada orang yang melakukan tindakan kriminal.

”Ancaman dalam kegiatan digital meliputi gangguan, keamanan, dan privasi,” tutur Manajer Pemasaran Compass Publishing Indonesia Femikhirana, dalam webinar literasi digital untuk segmen pendidikan yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, di Kabupaten Magetan, Selasa (11/6/2024).

Femikhirana mengatakan, potensi ancaman di dunia digital meliputi: spam yang berasal dari email tidak berguna, virus yang berasal dari file yang diunduh, dan spyware yang berasal dari file yang diunduh telah disusupi spyware atau adware.

”Potensi ancaman spam, virus, dan spyware, yakni adanya link phising, spoofing, pencurian ID dan data, link download virus dan spyware. Virus bisa merusak data maupun hardware, dan spyware bisa menghabiskan kapasitas memory data,” jelasnya



Dalam diskusi virtual bertajuk ”Tips dan Trik Menjaga Keamanan Privasi Secara Digital” itu, Femi menyebut potensi keamanan privasi bisa berasal dari fake buyer (seller) di marketplace, scammer dari aplikasi yang ada transaksinya, dan grooming dari media sosial atau chat aplikasi.

”Ancaman privasi bisa dari hacker, stalker dan website ilegal. Agar aman, pasang kata sandi, finger print, face authentication, dan two factor authentication (2FA) di perangkat keras. Find my device, backup data, antivirus, enkripsi, shredder, dan pembagian akun email di perangkat lunak,” rinci Femikhirana.

Tips pencegahan atau meminimalisir risiko acaman digital, menurut Femi, jangan buka attachment email yang tidak dikenal, hanya mengisi link yang dapat dipercaya, mengunduh file dari situs tepercaya, berbagi perangkat keras hanya dengan orang yang kita percaya, aktifkan firewall jaringan internet, dan aktif memantau akun yang dibuat atau tutup akun bila
sudah tidak mau digunakan.

”Jangan lupa memantau follower di media sosial, blokir follower yang tidak punya identitas yang jelas (fake account), tidak mengunggah data pribadi ke situs yang tidak tepercaya,” pungkas Femikhirana di depan para pendidik dan siswa sekolah menengah yang mengikuti diskusi online dengan menggelar nonton bareng (nobar) dari sekolah masing-masing.

Sekolah menengah di Kabupaten Magetan yang mengikuti kegiatan nobar di ruang kelas, di antaranya: SMPN 1 Lembeyan, SMPN 1 Sukomoro, SMPN 1, SMPN 3 Maospati, SMPN 1 Kawedanan, SMPN 1 Karas, SMPN 2 Karangrejo, SMPN 1 Nguntoronadi, SMPN 1 Barat, dan SMPN 1 Bendo.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)
pixels