Contoh Teks Khutbah Iduladha, Tema Pesan Utama Pelaksanaan Ibadah Kurban

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:14 WIB
loading...
Contoh Teks Khutbah Iduladha, Tema Pesan Utama Pelaksanaan Ibadah Kurban
Contoh teks khutbah Iduladha bertema pesan utama pelaksanaan ibadah kurban. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Contoh teks khutbah Iduladha bertema pesan utama pelaksanaan ibadah kurban. Khutbah merupakan salah satu rangkaian yang ada di dalam pelaksanaan Shalat Sunnah Iduladha.

Ketika khutbah sedang berlangsung, umat muslim yang mengikutinya haram untuk berbicara dan harus fokus mendengarkan. Khutbah yang dibacakan ketika Iduladha umumnya berkaitan dengan ibadah kurban.

Contoh Teks Khutbah Iduladha


Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Jamaah Shalat Iduladha Yang Dimuliakan Allah.

Baca juga: 15 Contoh Teks Amanat Pembina Upacara dari Berbagai Tema, Bisa Dijadikan Referensi

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt, yang telah memberikan berbagai macam kenikmatan sehingga kita bisa hadir pagi ini dalam pelaksanaan rangkaian shalat Iduladha. Hadirnya kita pagi ini bersamaan dengan hadirnya jamaah haji yang sedang menyelesaikan manasik haji di Tanah Suci.

Shalawat beriring salam untuk Nabi Muhammad saw, beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang setia serta para generasi penerus risalah dakwahnya hingga akhir zaman.

Dalam suasana pagi yang sakral dan khidmat ini seiring gema takbir, tahmid, tahlil dan tasbih berkumandang semenjak malam hingga pagi ini bahkan sampai hari tasyrik 11, 12 dan 13 Zulhijjah, semoga bisa menggugah dan membangkitkan gairah dan semangat jihad dalam menjalankan perintah Allah dan mampu meninggalkan larangan-Nya.

Baca juga: 5 Contoh Teks Surat Lamaran Kerja, Referensi Biar Cepat Dilirik HRD

Disamping itu khatib berwasiat, bahwa yang perlu diingat jika ingin menggapai hidup berbahagia, beruntung, selamat dunia dan akhirat tidak ada jalan lain kecuali dengan cara meningkatkan rasa ketaqwaan dan keimanan kepada Allah swt, serta jangan sekali-kali mati sebelum menjadi muslim sejati.

Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
Jamaah Shalat Iduladha Yang Dirahmati Allah.

Pagi ini sekilas kita akan mencoba mengkonstruksi ulang dan mengulas singkat sosok Nabi Ibrahim as beserta keluarganya sebagai figur yang pantas dijadikan suri tauladan (model) karena dalam perjuangan mereka selalu mendapat cobaan atau ujian dari Allah yang begitu banyak dan beragam macam coraknya.

Baca juga: Berikut 10 Contoh Teks Kultum dalam Berbagai Tema

Walau terasa berat dirasakan, namun segala macam perintah Allah mereka laksanakan dengan ikhlas dan sempurna tanpa cacat sedikit pun. Di antara sekian banyak ujian dan cobaan itu ketika Allah memerintahkan Nabi Ibrahim as untuk menyembelih atau mengorbankan putranya Ismail.

Apapun resikonya, ternyata Nabi Ibrahim rela mengorbankan sementara Ismail pun menunjukkan kesediaan dan ketaatan karena melaksanakan perintah Allah swt. Bukti dari ketaatan dan kepasrahan serta pengorbanan dengan cara menyerahkan semua urusan hanya kepada Allah swt semata, meskipun dalam berbagai kesempatan setan selalu membujuk dan
menggoda agar mengurungkan niat suci mereka, sehingga Allah swt menggantinya dengan kibas dari syurga.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)
pixels