Masih Banyak Kesempatan, Ini 5 Jalur Mandiri UNY 2024 yang Buka Pendaftaran hingga Juli

Kamis, 20 Juni 2024 - 07:00 WIB
loading...
Masih Banyak Kesempatan,...
UNY selama ini membuka seleksi mandiri (SM) 2024 lewat 7 jalur. Namun yang masih buka selama Juni-Juli 2024 ini hanya tersisa 5 jalur. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Ini 5 jalur Mandiri UNY yang masih buka pendaftaran menggunakan prestasi dan skor UTBK. Kamu yang berminat kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), masih ada peluang untuk mendaftar.

UNY selama ini membuka seleksi mandiri (SM) 2024 lewat 7 jalur. Namun yang masih buka selama Juni-Juli 2024 ini hanya tersisa 5 jalur. Untuk info lengkap pendaftaran di 5 jalur itu, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Jalur Mandiri UNY 2024 yang Masih Buka Pendaftaran


1. Prestasi Akademik


SM S1 Prestasi Akademik adalah seleksi calon mahasiswa S1 menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik. Peserta yang mendaftar jalur ini tak perlu mengikuti tes.

Pendaftarannya masih dibuka hingga 4 Juli 2024. Syaratnya, adalah lulusan SMA/MA/sederajat tahun 2022/2023/2024 serta mengunggah ijazah, surat keterangan lulus, nilai rapor semester 1-5, dan sertifikat/piagam prestasi yang dimiliki ke laman https://daftarpmb.uny.ac.id/.

2. Prestasi Unggul


Sama seperti pada jalur prestasi akademik, syarat mendaftar jalur ini juga demikian. Namun, yang berbeda adalah jenis prestasi dari calon mahasiswa.

Prestasi pada jalur ini bisa berupa akademik maupun nonakademik seperti juara di bidang seni, olahraga, LKS, olimpiade, hafidz Al-Qur'an, atau penghafal kitab suci lainnya.

Kamu yang tertarik bisa melakukan pendaftar paling terlambat 4 Juli 2024. Sebelumnya, siapkan persyaratan dokumen pendaftaran mulai dari ijazah, rapor semester 1-5 hingga sertifikat kejuaraan ya.


3. CBT di Domisili


CBT atau Computer Based Test adalah tes yang dilakukan terhadap calon mahasiswa. Sesuai namanya, tes bisa dilakukan di masing-masing tempat tinggal peserta.

Oleh karena itu, jalur mandiri UNY ini bisa dicoba juga oleh mahasiswa yang tinggal di luar Yogyakarta. Pelaksanaan tes akan dilaksanakan pada 22-25 Juli 2024.

Adapun masa pendaftaran jalur CBT di Domisili UNY masih dibuka hingga 15 Juli 2024. Untuk bisa mendaftar peserta harus memiliki dan memenuhi persyaratan teknis CBT di Domisili yang dapat diunduh di laman http://pmb.uny.ac.id/

4. CBT di Kampus


Berkebalikan dengan CBT di Domisili, jalur ini mengharuskan peserta mengikuti tes di kampus UNY. Pelaksanaanya dilakukan lebih awal yakni pada 8-11 Juli 2024.

Untuk mendaftar, kamu masih bisa melakukannya hingga 1 Juli 2024. Sebelum registrasi, calon mahasiswa bisa menyiapkan berkas seperti ijazah surat keterangan lulus, dan portofolio (khusus pendaftar prodi seni dan olahraga).

5. Skor UTBK


Jika kamu sempat gagal masuk UNY lewat jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024, maka jalur ini diperuntukkan bagi kalian. Cukup dengan menunjukkan kartu peserta dan skor UTBK SNBT, peserta bisa daftar tanpa mengikuti tes.

Lewat jalur ini, calon mahasiswa bisa memilih dua prodi jenjang S1 maupun D4. Tertarik? Jika demikian bisa melakukan pendaftaran pada laman https://daftarpmb.uny.ac.id/ ya.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)