3 Alasan Jurusan Teknik Banyak Diminati Lulusan SMA/SMK, Peluang Kerja Lebih Luas?

Senin, 24 Juni 2024 - 12:22 WIB
loading...
3 Alasan Jurusan Teknik Banyak Diminati Lulusan SMA/SMK, Peluang Kerja Lebih Luas?
Salah satu alasan jurusan teknik menjadi favorit adalah memiliki kesempatan bekerja yang lebih luas. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 3 alasan kenapa jurusan teknik banyak diminati lulusan SMA/SMK yang perlu diketahui. Selama ini sejumlah jurusan kuliah dikenal cukup diminati calon mahasiswa di antaranya jurusan Kedokteran, Farmasi, Arsitektur dan masih banyak jurusan lainnya.

Di luar jurusan tersebut, ada satu jurusan kuliah favorit lain yang banyak peminatnya yakni adalah jurusan bidang teknik. Dilansir dari laman LP3I institusi pendidikan vokasi bisnis dan teknologi, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 3 alasan kuat kenapa jurusan teknik banyak diminati lulusan SMA/SMK, simak ya!

3 Alasan Kenapa Jurusan Teknik Banyak Diminati


1. Memiliki ilmu dan terapan yang lebih luas


Salah satu alasan Jurusan Teknik banyak diminati lulusan SMA/SMK adalah ilmu dan terapan di Jurusan Teknik yang lebih luas. Jurusan Teknik tidak hanya memberikan teori saja tapi juga memberikan kesempatan praktik yang lebih banyak.

Proyek yang ditangani bakal membentuk kepribadian yang analitis. Di dunia nyata, keahlian hardskill dan softskill sangat mendukung karier cerah di masa yang akan datang.

2. Memiliki kesempatan bekerja yang lebih luas


Alasan berikutnya Jurusan Teknik banyak diminati karena kesempatan bekerja yang lebih luas. Keahlian yang lebih spesifik menjadi alasan kamu memiliki peluang diterima di perusahaan atau instansi lebih tinggi. Dunia kerja tentunya lebih membutuhkan banyak profesional di bidang teknik.


3. Lulusan memiliki mental dan fisik yang bagus


Seperti diketahui bersama, mahasiswa Jurusan Teknik banyak ditempa dengan praktikum, tugas dan teori sehingga mahasiswa Jurusan Teknik terbiasa tahan banting.

Punya pemikiran logis, analitis dan pandai mengambil keputusan merupakan syarat yang harus dipenuhi kalau kamu ingin lulus dari Jurusan Teknik. Banyak orang yang menyebut bahwa lulusan Teknik memiliki masa depan paling cerah setelah lulus kuliah.

Sejumlah Jurusan Teknik Favorit


1. Teknik Sipil


Ingin menjadi seorang ahli infrastruktur? Kamu bisa memilih jurusan Teknik Sipil yang akan memberikan keahlian merancang, membangun atau merenovasi infrastruktur seperti jalan, gedung, jembatan, dan lain-lain.

2. Teknik Mesin


Anak SMK lebih suka masuk jurusan Teknik Mesin karena memiliki pengalaman teori dan praktik di sekolah sebelumnya. Ya, kamu akan belajar tentang prinsip-prinsip fisika dalam analisis, desain, manufaktur serta pemeliharaan mesin. Cabang ilmu teknik mesin juga menjadi mata kuliah yang akan kamu pelajari seperti mekanika, termodinamika, teknik material, dan lain-lain.

3. Teknik Industri


Ingin berkarier sebagai divisi produksi atau divisi perencanaan biaya di perusahaan ternama? Mungkin Anda sebaiknya masuk jurusan Teknik Industri. Anda akan belajar banyak hal terkait sistem manajamen sebuah industri termasuk cara kerja mesin manufaktur. Lulusan Teknik Industri sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang membutuhkan tenaga spesialis baik industri kecil atau besar.

4. Teknik Elektro


Sebagai salah satu jurusan Teknik paling tua di Indonesia, Teknik Elektro masih menjadi jurusan favorit calon mahasiswa. Ilmu yang akan Anda pelajari di jurusan Teknik Elektro adalah sifat-sifat elektron alias listrik. Soal prospek kerja lulusan jurusan favorit sangat luas, misalnya teknisi radar, teknisi telekomunikasi, navigasi, dan lain-lain.

5. Teknik Kimia


Materi yang dipelajari jurusan Teknik Kimia adalah mengolah bahan baku mentah dan bahan kimia bisa berubah menjadi produk yang berguna atau memiliki nilai komersil. Lapangan pekerjaan terbuka lebar untuk lulusan Teknik Kimia seperti industri kimia dan farmasi. Kamu juga bisa memilih karier menjadi seorang peneliti atau konsultan yang diperlukan oleh industri-industri tersebut.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2710 seconds (0.1#10.140)
pixels