Beasiswa LPDP 2024, Syarat Sertifikat Bahasa Inggris Jalur Afirmasi Dihapus

Selasa, 25 Juni 2024 - 10:04 WIB
loading...
Beasiswa LPDP 2024,...
Syarat sertifikasi bahasa Inggris di pendaftaran Beasiswa LPDP 2024 jalur afirmasi kini dihapus. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Syarat sertifikat bahasa Inggris di pendaftaran Beasiswa LPDP 2024 jalur afirmasi kini dihapus. Pendaftar nantinya akan mendapat pengayaan bahasa setelah lulus seleksi substansi.

"ADA YANG BARU DI KETENTUAN BAHASA KALI INI! PENDAFTAR PROGRAM S2/S3 DALAM NEGERI DARI JALUR AFIRMASI, SEKARANG TIDAK PERLU UPLOAD SERTIFIKAT BAHASA LHO!," demikian dikutip dari Instagram LPDP, Selasa (25/6/2024).

Baca juga: Catat! Tips Lolos Seleksi Pendaftaran LPDP 2024 Gelombang 2 yang Dibuka hingga 18 Juli

Para pendaftar Beasiswa LPDP Tahap 2 jalur afirmasi program S2-S3 dalam negeri nantinya akan mendapatkan fasilitas pengayaan bahasa setelah dinyatakan lulus seleksi substansi.

Meski syarat sertifikasi bahasa Inggris dihapuskan, namun pendaftar tidak bisa memakai hasil tes prediction. LPDP menegaskan pihaknya hanya menerima hasil dari official test.

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Ada di Esai Sebagai Syarat Beasiswa LPDP Tahap 2 Tahun 2024, Jangan Terlewat!

Diketahui, Beasiswa LPDP Jalur Afirmasi terbagi atas Beasiswa Prasejahtera, Beasiswa Putra Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Khusus Penyandang Disabilitas Rungu/Tuli.

Instagram LPDP menjelaskan, bagi pendaftar yang sudah mengikuti official test namun sertifikatnya masih belum terbit diperbolehkan memakai score report sementara.

Pada dasarnya pendaftar diwajibkan melampirkan Official Score. Apabila saat ini belum terdapat Official Score silakan untuk mengunggah Unofficial student score report yang diterbitkan oleh Provider terlebih dahulu, namun untuk hasil pengecekan silakan untuk menunggu hasil seleksi administratif.

Baca juga: Kenapa Beasiswa LPDP Selalu Jadi Rebutan? Ini Sederet Benefit Menggiurkan Penerimanya

Selain itu, sebagai perbaikan kebijakan dan keberpihakan terhadap kelompok disabilitas khususnya disabilitas tuli/rungu, ketentuan bahasa dalam persyaratan tahun ini juga telah disesuaikan dengan mengesampingkan aspek listening.

Dengan tidak lagi dipersyaratkannya sertifikasi bahasa Inggris di pendaftaran Beasiswa LPDP jalur afirmasi 2024 akan memudahkan para pendaftar untuk mengikuti beasiswa populer yang sedang membuka pendaftaran tahap kedua ini.

Baca juga: Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka Hari Ini, Kuliah Gratis di Kampus Terbaik

Bagi Anda yang ingin daftar Beasiswa LPDP 2024, berikut ini persyaratannya untuk skema beasiswa daerah afirmasi.

Persyaratan Beasiswa LPDP 2024 Jalur Daerah Afirmasi


1. WNI

2. Telah menyelesaikan studi:
- S1/D4 untuk beasiswa magister
- S2, dokter spesialis atau dokter subspesialis untuk beasiswa doktor, atau
- D4/S1 langsung doktor

3. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut Memiliki LoA dari Perguruan Tinggi tujuan, dan Memenuhi seluruh kriteria persyaratan sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3) Beasiswa LPDP.

4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

5. Bagi pendaftar jenjang doktor pada semua program Beasiswa LPDP yang merupakan lulusan dokter spesialis atau dokter subspesialis dapat menggunakan transkrip nilai dokter spesialis atau dokter subspesialis sebagai bukti pemenuhan syarat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada masing-masing program.

6. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan a. hasil penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui https://piln.kemdikbud.go.id/ laman atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanij azah/; b. hasil konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui https://piln.kemdikbud.go.id/ laman atau Kementerian Agama melalui laman diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah.

c. tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK-nya belum terbit.

7. Pendaftar yang sedang menempuh studi (on going) dapat mendaftar dengan ketentuan berikut:
a. Mendaftar pada program studi dan/atau perguruan tinggi tujuan yang berbeda dari yang sedang ditempuh
b. Pendaftar yang substansi wajib lulus seleksi membuat dan menandatangani surat pengunduran diri yang ditujukan kepada perguruan tinggi atas program studi yang sedang ditempuh serta menyampaikan surat tersebut kepada LPDP paling lambat 2 pekan setelah diumumkan lulus seleksi substansi.
c. Pendaftar wajib untuk menyerahkan surat pemberhentian resmi dari program studi atau perguruan tinggi sebelum penandatanganan surat pernyataan Penerima Beasiswa.
d. Dalam hal setelah diumumkan lulus seleksi substansi pendaftar tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada huruf b dan huruf c, LPDP dapat membatalkan status CPB melalui keputusan Direktur Utama.
e. Dalam hal pendaftar menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar sebagaimana dimaksud pada huruf a sebelum pengumuman hasil seleksi substansi, LPDP dapat membatalkan status CPB melalui keputusan Direktur Utama.

8. Dan syarat lainnya.

Komponen Benefit Beasiswa LPDP 2024

1. Dana Pendidikan


a. Dan Pendaftaran
b. Dana SPP/Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal
c. Dana Tunjangan Buku
d. Dana Penelitian Tesis/Disertasi
e. Dana Seminar Internasional
f. Dana Publikasi Jurnal Internasional

2. Dana Pendukung


a. Dana Transportasi
b. Dana Aplikasi Visa
c. Dana Asuransi Kesehatan d. Dana Kedatangan
e. Dana Hidup Bulanan
f. Dana Lomba Internasional g. Dana Tunjangan keluarga (khusus Doktor)
h. Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)

Demikian informasi mengenai sertifikasi bahasa Inggris yang tidak lagi menjadi peryaratan di pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Jalur Afirmasi S2-S3 Dalam Negeri. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)