Seleksi CPNS Kemenkumham 2024, Ini Bocoran 10 Jurusan Paling Banyak Dibutuhkan

Selasa, 25 Juni 2024 - 13:18 WIB
loading...
Seleksi CPNS Kemenkumham...
Kemenkumham sejauh ini telah merilis rincian formasi CPNS 2024 yang dibuka bagi fresh graduate untuk lulusan SMA, SMK, D3, S1, dan S2. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini bocoran 10 jurusan kuliah paling banyak dibutuhkan Kemenkumham di seleksi CPNS 2024. Pengumuman seleksi CPNS diperkirakan akan dibuka pada 24 Juni-13 Juli 2024, dengan pendaftaran mulai 29 Juni-22 Juli 2024.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sejauh ini telah merilis rincian formasi CPNS 2024, meskipun belum mengumumkan kuotanya. Seleksi CPNS Kemenkumham 2024 dibuka bagi fresh graduate.

Tahun ini, Kemenkumham akan membuka rekrutmen CPNS untuk lulusan SMA, SMK, D3, S1, dan S2. Lalu lulusan jurusan apa saja yang banyak dibutuhkan CPNS Kemenkumham 2024? Merangkum data dari penerimaan tahun 2023, artikel kali ini akan memberi bocorannya, simak ya?

10 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Seleksi CPNS Kemenkumham 2024


1. Hukum


Jurusan Hukum sudah pasti dibutuhkan di Kemenkumham. Lulusan jurusan ini akan menempati jabatan ahli pratama dengan spesifikasi yang cukup banyak. Misalnya Ahli Pertama Analisis Hukum atau Ahli Pertama Analisis Anggaran.

2. Keperawatan


Pada tahun 2021, Jurusan Keperawatan memiliki banyak kuota selama seleksi CPNS Kemenkumham dibuka. Yakni sebesar 180 orang untuk mengisi jabatan Terampil - Perawat.

3. Akuntansi


Baik jenjang D3 maupun S1, Jurusan Akuntansi banyak dibutuhkan di beberapa jabatan CPNS Kemenkumham.

4. Teknik Informatika


Lulusan Jurusan Teknik Informatika atau jurusan terkait, juga memiliki peluang jadi CPNS . Sebab, lulusan ini akan ditempatkan di jabatan Ahli Pertama Pranata Komputer.

Baca juga: Mau Rintis Karier PNS, Pilih Dua Sekolah Kedinasan Milik Kemenkumham Berikut Ini

5. Manajemen


Kemenkumham juga membutuhkan banyak lulusan S1 Jurusan Manajemen dari seleksi tahun 2021.

6. Psikologi


Jurusan Psikologi juga dibuka melalui seleksi ini untuk menempati jabatan Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

7. Ilmu Komunikasi


Untuk persiapan CPNS 2024, pada tahun-tahun sebelumnya Jurusan bidang Sosial Humaniora atau Soshum ini juga termasuk jurusan yang dibutuhkan Kemenkumham. Tak hanya di Kemenkumham, hampir banyak instansi pemerintah juga membuka formasi untuk jurusan ini.

8. Administrasi Publik


Jurusan ini berfokus pada kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, dan etika yang mengatur penyelenggaraan negara. Karena itu termasuk jurusan yang dibutuhkan banyak instansi pemerintah.

9. Ekonomi


Meski Kementerian ini bergerak di bidang hukum dan HAM tetap saja memerlukan jurusan ekonomi untuk mengatur anggaran kementerian agar berjalan dengan baik.

10. Ilmu Pemerintahan


Ilmu pemerintahan termasuk jurusan yang masih banyak dibutuhkan menjadi CPNS tidak hanya Kemenkumham tetapi juga instansi lainnya.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7148 seconds (0.1#10.140)